Kamis, 09 Agustus 2012

Jurnalnya Sarah-5

Wuidiiih lamanyooo gak nulis disini. sebenernya dah lama gatel pengen isi nih jurnalnya Sarah. Tapi gara-gara keypad hp ku ada yg error. Jadi kumat deh males nulisnya. sekali pencet huruf a tuh, jadi banyaaaaaaaak banget a yg kaluar di layar hp. Sapa coba yang gak males ngedit nya. ah sudahlah gak penting. yang penting sekarang bisa punya waktu buat nulis, yess.

Sekarang Sarah udah 11 bulan, Alhamdulillah udah bisa jalan sendiri. Belum genap setahun umurnya sebenernya sih. Emang dari !0 bulan Sarah dah bisa jalan tapi belum begitu lancar. Dulu baru tiga langkah langsung menjatuhkan diri alias gabruk* haha. lucuuu banget kalo liat video jalannya. Maunya pengen lari dan buru-buru sampe ke tempat tujuan. Jadi deh gobrak-gabruk dimana-mana. hadeeeh.

Oiya udah berapa bulan yah yang terlewat. Baiklah akan kurekap sekalian. Sarah mulai bisa berdiri diatas kaki sendiri tuh pas masuk usia 9 bulan. Dimulai dengan rambatan saat usia 8 bulan. kemana-mana jalan nyender. Alias belum bisa berdiri diatas kaki sendiri. Setelah masuk 9 bulan, pas banget setelah vaksin campak. Sarah udah mulai bisa berdiri diatas kaki sendiri walau hanya beberapa detik. Tapi excited banget. Langsung seneng dan sumringah deh ni anak. Ada koq poto dokumentasinya. Kapan-kapan deh di upload dimarih. ( hmmmm tapi kapan yooo??).

Sarah sempet kugundulin lagi, karena tumbuh rambutnya tipis banget. Jadilah aku dan suamiku menggunduli Sarah. Habis 5 gillete goal tuh. Tujuannya yah biar tumbuh rambutnya jadi lebih lebat, subur dan bagus. Sebenernya aku gak begitu mempersalahkan tumbuh rambut nya Sarah yang gak begitu lebat sih. Karena toh banyak banget perkembangan nya Sarah yang lebih signifikan dan baik. Untuk rambut, InsyaAllah pasti akan tumbuh. Cuma masalah waktu. cepat atau lambatnya saja.  

Gigi. Sampai hari ini Sarah dah punya 6 gigi. 4 diatas dan 2 di bawah. Kalo lag nyengir, Subhanallah cantiiik banget deh anakku ini. Alhamdulillah pas tumbuh nya gigi gak pake demam dan panas. Tumbuhnya langsung rombongan. hehe. 

Aku pernah baca, hmm dimana yah??lupa lah sumbernya. Kalo saat-saat merangkak pada anak itu bagus. Semua orang tua pasti bangga kalo anaknya cepet bisa jalan. Malah cenderng dipaksakan. Sebenarnya, gak perlu khawatir kalo anak kita tuh telat jalannya. Karena saat- saat merangkak itu keseimbangan otak kiri dan kanannya bekerja bagus. Kerja otot- otot tangan dan kaki saat merangkak juga merupakan pondasi yang kuat saat anak mulai belajar berdiri. Tangan dan kakinya akan kuat menopang tubuhnya sat berdiri dan mulai berjalan nantinya. hehe. itu mah hasil penelitianku loh. Soalnya Sarah itu kalo habis merangkak kan kenceeeeng banget perlu effort yang banyak sampe kebrobyos deh alias keringetan. Dan kalo kupegang kaki dan tangannya, beugh kenceng pisan euy. ;)

Akhirnya alat bantu jalan yang sempet kubeli kepake juga. Moonwalk. Sarah tuh paling gak suka kalo dipakein itu. Eh tapi aku mau bahas dikit nih masalah alat bantu jalan (hehe. mumpung inget). Tau kan yang namanya babywalker? semua anak pasi pernah memilikinya. Tenar banget nih jaman dolo kala. Tapi ternyata eh ternyata menurut beberapa dokter Spesialis anak di forim room for children. Mereka sangat tidak merekomendasikan alat bantu jalan ini. Karena menurut mereka alat tersebut malah tidak melatih otot kaki untuk kuat dan memijak dengan cara yang sebenarnya. Tau kan yang ada roda nya itu looooh?? naah, rodanya itu kan bisa diseret- seret, jdi bikin anak malas untuk jalan. Malah jadi gampang meraih sesuatu. Coba dibandingak kalo anak dikasi kursi yang didorong-dorong sendiri, Maka semua otot tangan dan kakinya akan bekerja lebih optimal. Memijak dengan cara yang benar dan normal. 




Sarah sih latihan nya juga gitu, semua barang diseret- seret. Mulai dari keranjang baju lah, kursi beroda lah, pokokmen semua barang yang bisa didorong deh. Asal dibawah pengawasan orang tua loh. Oiya back to moonwalk itu yah. Baru-baru ini juga sih, herannya malah pas Sarah udah mulai bisa jalan. Baru deh dia mau kupakein alat itu. Jadi kalo mau jatoh aja atau sukanya Sarah kan ngambilin batu-batu kerikil kecil diaspal depan rumah kalo lagi latihan jalan. Hadeeeh kudu ekstra lah kalo lagi nuntun Sarah jalan. Ada Mbah nya Sarah yang rajin banget nuntun tiap pagi dan sore buat belajar jalan. Emang kudu telaten beneeer deh. 

Oiya ada poin penting yang sebenernya aku kagumi dari Sarah. Semangat nya untuk belajar jalan tu loh bener-bener aku kasih dua jempol. Karena sesakit apapun dia jatuh, pasti akan berdiri lagi dengan meringis sedikit. wuiiih... terus semangat ya nak!! 


Udah dulu nih nulisnya, capek juga euy. Mau nyiapin sarapan buat Sarah.


***

Balikpapan, 31 Desember 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar