Kamis, 03 Oktober 2013

Bubur Candil Ubi Ungu

Nasib seorang ibu menyusui sering banget kelaperan. Mau udah makan apa belum, selalu laper setiap saat. Apalagi kalo habis bangun tidur siang, sore-sore selalu nyari cemilan di kulkas. Pas stok cemilan kosong rasanya, hadoooh nelangsa sangat. haha lebay*

Begitu juga dengan Sarah, yang hobinya nyemil. Dia sampe udah hapal, jamnya cemilan. Selalu nagih dan buka kulkas sendiri. " Mana cemilan buat aku  ma???".. Jadilah kalo pagi saya udah heboh mikir cemilan apa yang bakal dibikin untuk Sarah. 

Paaassss banget, si tukang sayur yang namanya mas Mustaqim 'gondrong' , bawa ubi ungu. langsung saya sikat 1kg. Bungkuuuuuss!!

Kloter pertama saya lagi sibuk, karena ART saya gak masuk. Jadilah si ubi cuma saya kukus saja. Sarah lahap makan cemilannya jam 10 pagi. Lalu keesokan harinya, saya pengen yang seger-seger deh. Jadilah kepikiran bikin bubur candil. Emang bikinnya rada cepet, tapiiiii pas ngebulet-buletin si candil ini yang pake lamaaaa bin bangeeeet. Untung pas anak-anak lagi lelap tidur siang. Beuugh berasa kayak di daur masterchef deh, sambil ketar-ketir kalo anak-anak bangun. Cemplang-cemplung. Bikin buletan nya dulu, lalu saya simpen di Tuppy lalu masukin kulkas, dan bikin santan sekalian untuk kuahnya semangkok penuh masuk kulkas juga. Biar makannya bisa beberapa kali gituuuh maksudnya sih. 

ini fotonya udah nginep semalem di kulkas jadi si candil udah gak muluuuuss lagi deh. tapi gpp ya daripada gak ada.hehe. ngelesss


Resepnya udah banyak bangeeet dibikin para foodblogger, tapi saya tetep tulisin yah versi saya sendiri :

Bahan :

300gr ubi ungu kukus, haluskan ( harusnya sedikit aja sekitar 100-200gr,tapi karena saya pengen cepet habis ya dibanyakin deh ubinya makanya jadinya gak mulus )
150gr tepung ketan
1/2sdt garam
100-150ml air

kuah santan :
500ml santan 
daun pandan 2 ikat
150gr gula pasir ( sesuai selera)
2sdm tepung beras yang diencerkan dengan santan terlebih dulu
1/2 sdt garam

Cara membuat :
Campur tepung ketan, ubi, garam dan air tuang sedikit demi sedikit sampai kalis dan bisa dibentuk
Lalu bentuk bulatan dan langsung masukkan ke air yang sedang mendidih, tiriskan dan angkat bila sudah mengapung

Lalu masukkan santan, gula pasir,daun pandan,garam, sesaat sebelum mendidih masukkan tepung beras yang sudah diencerkan santan lalu tunggu sampai mendidih.

Sajikan hangat maupun dingin sama enaknya koq. Kalo saya sih suka dingin, karena Balikpapan lagi panas euy.

Selamat Mencoba

***

Balikpapan, 3 Oktober 2013



Tidak ada komentar:

Posting Komentar