Selasa, 22 Oktober 2013

Macaroni Schottel


Sebenernya hari ini krisis air di rumah masih berjalan. Stok air di rumah sudah mengalami titik krisis yang teramat sangat. Daripada saya ikutan pusing dan stres, mending saya masak-masak. Haha. Sangat tidak memecahkan masalah ya. Malah nambah cucian iya deeh. 

Kan sebagai Ibu menyusui itu dilarang stres, biar asi nya lancar. Jadi saya harus hepi-hepi aja. Ni bener-bener gak tau diri* lalala yeyeye...

Jadi tadi pagi, sebelum air untuk masak benar-benar habis, saya pakai untuk bikin cemilan Sarah. 
Macaroni Schottel. Yup, makanan yang lumayan sering saya bikin, tapi koq gak pernah bosen yah. Heran deh. habis enak sih. Resepnya pun udah hapal mati kali yak. Udah banyak banget berseliweran di google. 

Kadang suka saya masukin jagung, jamur dan sayuran lainnya. Cuma kali ini karena kudu dan terpaksa minimalis aja deh resep yang saya pake. Padahal sebenernya sih kudu irit cucian. haha

Bikin ini juga sangat terpaksa, karena harus menghabiskan daging yang udah kelamaan di frezeer.

Foto ni juga saya dedikasikan kepada suami saya tercintah Syamsul Arifin. Yang sudah rela berberat-berat ria. Menenteng titipan saya yang seabreg. Ini salahsatu oleh-olehnya dari Jakarta. Yup. Ramekin nan lucu ituuu. Yang sangat jarang saya temui seantero Balikpapan. Makasih yang tak terhingga ya sayang..

Sebenernya sih modus juga tuuh. Biar minta dibikinin Chocolate Souffle ala Masterchef US. Si Gordon Ramsey. Kalo udah nonton itu acara berdua, beugh hebring deh. Komentarnya udah kayak chef pro aja. Padahal bikin goreng tempe aja masih suka gosong nih saya. hihi. malu*





Resepnya :

mulai pake cara simple ala saya aja yah. Saya lagi malesss banget nulis bahan2.

- Ambil segenggam makaroni, rebus dengan air beri sedikit minyak dan garam. 
Biarkan sampai 3/4 matang, lalu tiriskan.
- Tumis irisan bawang bombay setengah dan 1 buah bawang putih yang sudah digeprek dan cincang halus bersama 1-2 sdm margarin.
- Lalu masukkan segenggam daging cincang, sampai harum. Bumbui dengan garam, merica, pala dan gula pasir sedikit.
- Ditempat lain kocok 2 butir telur dan susu UHT plain 200ml sampai tercampur. 
- Sampai daging tadi agak matang, matikan api lalu masukkan makaroni, irisan keju cheddar berbentuk dadu kecil, dan campuran susu dan telor.
Aduk rata.
- Masukkan ke dalam ramekin/ wadah. Dan masukkan ke dandang, lalu kukus selama 15-20 menit.
- Sementara menunggu kukusan matang, siapkan topping diatasnya dengan cara:
Ambil margarin 1-2 sdm, tumis diatas api kecil, lalu masukkan terigu 1-2sdm, aduk cepat, sambil masukkan susu UHT plain 200ml sedikit demi sedikit. terus aduk. Masukkan keju parut. Dan bumbui dengan garam, merica. Matikan api dan angkat.
- Nyalakan oven 180der. Setelah kukusan matang, lalu angkat dan beri topping diatasnya. Masukkan ke dalam oven sampai matang dan berwarna kecoklatan. 

Cat. Dengan resep ini saya bisa mendapatkan 4 wadah. yakni 2 ramekin kecil dan 2 wadah dalam alufoil berbentuk oval. 
Resep asli sebenarnya memakai 5-6 butir telur, tapi karena saya tidak bergitu suka dengan telur yang banyak, maka telur saya kurangi sampai 2 saja.
Bila suka, tambahkan sayuran seperti : jagung, jamur, wortel dll. 





Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat. ^^

***

BAlikpapan, 23 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar