Jumat, 11 Oktober 2013

Bongko Pisang



Bongko Pisang adalah makanan yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Teksturnya memang lebih lemek dibandingkan nagasari. Pada Nagasari menggunakan tepung Hunkwe, sedangkan Bongko tidak. Hanya menggunakan tepung beras saja.

Rasanya lebih terasa santan yang manis, berpadu dengan pisang dan aroma pandan, juga vanilla yang lembut menggoda. Sangat menggugah selera. Baru diturunin dari kompor saja, Sarah udah heboh cual-cuil.
Saya sedang mengajarkan Sarah untuk mencintai jajanan khas Indonesia. Biar lidahnya membumi dan 'ndeso' sedikit begituuuh. Bosen ah bikin cake-cake yang pake oven terus. Lagian juga gak bagus buat anak-anak.

Jadi Bongko ini memang mak nyuss untuk menemani minum teh sore hari. Lebih enak sih disimpan dulu di kulkas, baru disajikan dingin. Saat masih panas, teksturnya cenderung lembek.

Yuuk marii dilihat resepnya nan praktis iniih.

Bahan :

Daun pisang dijemur dahulu
400ml santan segar
Pisang raja
100 gr Tepung Beras
2 batang vanilla bean dikeruk isinya
2 ikat daun pandan simpulkan
50gr gula pasir

Cara :
Panaskan santan bersama gula, daun pandan dan vanilla di panci. Ambil bagian santan sedikit sebanyak 100ml campur dengan tepung beras. Lalu masukkan perlahan ke dalam santan yang sudah panas dipanci sambil diaduk terus. Sampai kalis lalu matikan api.
Siapkan selembar daun pisang, isi dengan adonan tadi, lalu sisipkan setengah bagian pisang dan tutup kemali dengan adonan. Gulung daun pisang tutup ujungnya menggunakan biting(tusuk gigi).
Susun di dandang, kukus selama 20-30menit dengan api sedang.
Sajikan. Bila ingin dingin, dan tekstur agak keras, simpan dulu dalam kulkas selama 1jam.

Selamat Mencoba ^^

***

Balikpapan, 7 Oktoer 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar