Minggu, 26 Oktober 2014

Hokkaido Milk Loaf



Alhamdulillah finally saya punya BreadMaker. Tak disengaja juga sih. Iseng- iseng pas jalan ke ACE. Trus nanyain si BM. Eh, ibarat durian runtuh. Pas dapet yang murmeeeer dan diskon sampe 50%. Dengan harga Rp. 400 rb sajah si BM ini bisa dibawa pulang. 

Yang kemeceeer banget sebenernya suami saya. Yep. Dia hobi sama roti bangeeet. Entahlah, kalo saya ini sarapan kudu ketemu nasi. Jadi saya agak gitu-gitu amat pengen memiliki si BM inih. Dan pastinya modus beliin saya BM, sebenernya tak lain dan tak bukan ya buat suami saya sendiri. Jadi sebenernya sih si BM ini punya suami. Hehe. Ngaku-ngaku aja saya dibeliin. padahal maaaah Modus* wkwkwkwkkk...

Dan bunga matahari di halaman rumah pun tak luput dari pemberitaan di blog ini yaaah. Haha. rada maksa kudu tampil. Ini hasil jepretan sang masterr. Suami saya sih yang jepret. Bagis sihm jadi saya pajang disini ya. Gapapa kan ya, sah-sah aja. Saya tuh pengen banget jepret, tapi rada rieweh sih, Yusuf hobinya ikut-ikutan, jadi daripada Yusuf jatuh nantinya. Hiks. Pasti bikin saya malah jadi sedih. 



Okay, back to resep. Si Hokkaido ini sebenernya sudah tak asing ya. Saya sering banget pake resep ini buat bikin roti manual. Water roux atau adonan biang. Jadi roti ini pake metode tangzhong. Yang pastinya empuk, lembut dan menul- menul sudah jadi jaminan. 

Tapi bedanya ini cenderung lebih mirip roti tawar sih ya, karena penggunaan whipped cream, susu dan gula yang cenderung agak banyak. Roti ini termasuk dalam kategori manis semanis yang bikin. Tsaaaah* 

Ini adalah kali kedua percobaan saya menggunakan BM yang masih baru inih. Percobaan pertama gagal total. Why oh Why?? karena saya pake resep yang ada di buku petunjuk bawaaan BM merk KRIS ini. huwaaa sediih deh, adonan tidak mengembang sempurna. Ternyata emang kesalahan fatal itu saat pencampuran adonan. Si ragi saya campur langsung ke cairan. Dan di rendam selama 8 jam. Bikinnya malem, untuk dimakan keesokan paginya. Ternyataaa hasilnya, penonton kecewaaa! errrhh*

Karena penasaran, besoknya saya beli bahan lagi. Dan mulai membaca review- review dari blog tetangg. Dan saya kepincut blog milik mbak Isna. Makasiih berat ya mbk. Jazakillah. Jadi saya bisa tahu step by step untuk  sukses bikin roti menggunakan Breadmaker. Maklum newbie nih mbak. Bilang aja masih norak* haha baiklah. 

Jadi, saya modif sendiri resep ini menggunakan takaran dan ukuran. Kalo dilihat pemakaian tepung di resep mbak Isna. sebanyak 540 gr. Saya udah kebayang aja ni bakalan rotinya gedeee pake bangeeet. Jadi saya kurangi dan disesuaikan. Hasilnya cukup okey untuk ukuran jatah rakyat di rumah. 

Untuk itu, saya tulis disini. Semoga untuk pengingat saya sendiri, sukur- sukur bisa berbagi dan bermanfaat untu orang lain. Aamiin*




Hokkaido Milk Loaf

Bahan Biang :

50gr tepung cakra (protein tinggi)
250ml air


Bahan adonan roti : 
60gr whip cream/susu cair ( saya pake whipped cream bubuk) 
55ml susu cair
50gr butter dicairkan
semua adonan biang / water roux
90gr gula
445 gr tepung cakra (saya pake 400gr cakra+45gr segitiga biru)
1/2sdt garam
1sdm susu bubuk ( saya pake susu bubuk kedelai )
1sdm ragi
1 egg kocok lepas ( uk. telur kecil)

Cara Membuat :

Adonan Biang :Larutkan tepung di air, sdikit demi sedikit tuang airnya, kalo sekaligus banyak tepung akan menggumpal
Setelah larut, masak diatas api kecil sambil terus diaduk agar tidak menggumpal sampe kentalih kental lagi. Lalu angkat terus aduk2 sampe agak dingin. Masukkan ke dalam wadah, dan tutup dengan cling wrap. Simpan di kulkas. Agar dingin. 

Adonan roti :
1. Masukan bahan cair (susu + water roux + telur kocok lepas) aduk rata di dalam loyang bread maker
2. Tutup semua area adonan cari dengan tepung, susu bubuk dan whipped cream bubuk. Beri lubang di tengahnya (jangan sampai menembus ke cairan). Masukan ragi instant.
3.Masukkan garam dan gula di dua sudut yang berbeda. 
4. Setting BM pada menu Basic,berat 1kg, dan ketebalan roti medium.
5. Setelah 10 menit masukan mentega cair suhu hangat (jangan panas2) ke dalam BM.
6. 3jam 15menit waktu yg dibutuhkan untuk matang. Tunggu sampai matang dan siap di hidangkan.

Note : 

Jika garam dan ragi bertemu maka ragi tidak akan mengembang. 
Tanpa water roux pun adonan ini sudah cukup empuk, tetapi apabila di beri adonan akan lebih lembut.



Hasilnya. Wiiih secara tekstur okey bangeet, rasa juga gak kalah sama roti tawar bakery shop. Lembut pake bingiiit deh, dengan pinggiran crust yang cenderung agak keras. Cuma kulit bawahnya yg rada kegosongan dikit. Next time mode light aja utk setting crust nya. Baiklah utk first lesson, perlu dicatet nih. 






Mau dioles selai dan topping apapun cocok loh. Kalo saya sih, malah suka makan tanpa apapun. Itu ngirisnya beneran tebel deh. Agak susah ya kalo iris- iris tipis mirip roti tawar gituhh. Padahal saya udah pake pisau roti yang bergerigi. Jadilah puwaaas banget menikmati roti buatan sendiri yang empuk dan lembut ini. 

Jadi fix saya umumkan, Putus hubungan deh sama tukang roti. Maap ya pak tukang roti! Dan gak ada acara banting- banting penuh drama dan kehebohan di dapur saat membuat roti. hihi. maap ya tetangga! salim- salim*

Next, coba resep roti jenis lain. Karena di menu BM ini ada roti perancis, basic roti, roti manis, pasta maker, bikin dough nya ajah, bake untuk bikin cake, sampe yang bikin seneng adalah gluten free. Wow! super duper kompliiiit. Udah deh gak ngerayu buat beliin si Heavy Duty Kitchen Aid lagi sayaaah. hag haaag. Tapi kalo mau dikadoin ya gak nolak juga sih. hih. kedip-kedip manja* 



***

Balikpapan, 26 Oktober 2014


1 komentar: