Minggu, 26 Oktober 2014

Condensed Milk Pound Cake









Condensed Milk Pound Cake 
Bolu susu

Bahan:
120 gr mentega
120 gr terigu
1/2 cup susu kental manis
40 gram gula halus
2 butir telur
1 sdt essens vanilla 
1/2 sdt garam

Cara membuat:
1. Kocok mentega dan gula hingga
mengembang, pake speed tinggi
2. Masukkan essens vanilla dan garam, kocok
hingga kental, masukkan susu kental manis
dan kocok hingga rata
3. Dengan speed rendah, masukkan tepung
sedikit demi sedikit, aduk rata
4. Masukkan telur satu persatu hingga
mendapat adonan yg licin, jarak mengocok
antar telur adalah sekitar 1 menit. Jangan terlalu lama mengocok.
5. Panggang pada suhu 180 derajat celsius
selama lebkur 50 menit. Pake api bawah aja
6. Taburi gula halus atau meisyes diatasnya.


Ini saya copas dari Bubu Mia, resep yang double. Yang saya bikin kemaren. Alhamdulillah pas banget sama loyang Chiffon bongpas saya. legaaaa*


Bahan yg digunakan:
- 250 g mentega/ butter suhu ruang/ lembut
- 250 g terigu serba guna/ cake flour
- 90 g caster sugar
- 4 extra large eggs
- 250 ml condensed milk atau 1 kaleng atau 1 cup susu kental manis
- sejumput garam
- 1 sdt vanila essense
- mentega dan terigu secukupnya utk olesan loyang

Persiapan:
1. Timbang semua bahan dengan seksama
2. Olesi loyang bundt pan (tube pan/ loyang tulban) dengan mentega dan taburi terigu secara merata
3. Panaskan oven suhu 200
4. Semua bahan harus suhu ruangan. Jd kalau temen2 lg winter butternya beku, dimicrowave dulu sebentar (tergantung daya microwave masing2 ya.. 30 detik jg cukup). Sampai butternya spreadable
5. Kalau telurnya dingin, rendam di air hangat sebelum digunakan

Cara membuatnya:
1. Dengan mixer kecepatan tinggi, kocok mentega, lalu masukan gula caster. Kocok sampai butter dan gula menyatu dan lembut
2. Masukan vanila essense, garam, dan condensed milk. Kocok merata
3. Turunkan speed mixer kecepatan rendah, masukan terigu yg sudah diayak sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Jgn terlalu lama mengaduk adonan dengqn terigu, otherwise bolunya bantat 
4. Masih dengan mixer kecepatan rendah, Masukan telur satu persatu: Masukan telur, biarkan tercampur rata. Masukan satu telur berikutnya, biarkan tercampur rata. Begitu seterusnya sampai telur habis. Dan adonan tercampur kental merata. Matikan mixer.
5. Tuang adonan ke loyang
6. Panggang di suhu 180 selama kurang lebih 45 - 50 menit (160 fan forced oven, waktu yg sama). Saya pake api bawah. Menjelang 8 menit terakhir saya tambahkan api atas juga. 
7. Lakukan tes tusuk, tusuk cake dengan tusuk gigi atau tusuk sate, kalau keluarnya bersih berarti cake sudah matang. 
8. Keluarkan dr oven, tuang di cooling rack. Biarkan hangat lalu dipotong.



Resep ini pertama kali saya liat berseliweran di Timeline FB saya. Melalui Mamong Andri Ratna Sari Wibowo. Beneran bikin saya penasaran. Tapi setelah saya baca- baca. Owalaaah resep ini dulu saya udah pernah bikin pake metode gini juga. Tapi gak pake SKM. Jadi baru kali ini saya pek SKM untuk cake saya. Karena rasa manisnya di level paling atas. Selera manis saya sih sedang aja. 

Diinepin untuk keesokan harinya, masih tetep endesss. Jadi kesimpulan nya, resep ini recommended deh. Patut dicoba! Makasih ya mamong. 



1 komentar: