Selasa, 28 Agustus 2012

Dori Panggang Wijen


Maksi Sarah hari ini masih tema ikan Dory. Kemaren sempet dibikin sushi roll sama nori, nasi, wortel dan labu siam. Hari ini mendadak keinget resep "belut panggang wijen" yang udah mondar-mandir di HHBF tercintah. Mau eksekusi, ealaaah mendadak gas habis. jadilah saya  panggang sebentar pake oven listrik. 

Ikan Dori dikenal dengan nama John Dory, memiliki manfaat nutrisi yang banyak, terutama untuk anak-anak. Dory berasal dari laut dalam Australia Selatan. Namun ikan dori yang paling populer adalah ikan dori asal Vietnam
 yang berukuran lumayan besar dan berdaging tebal dan lembut. 


Sedangkan wijen. Wijen putih banyak mengandung asam lemak omega-3 dan lignan, jenis serat khusus yang disebut sesamin. Dalam kesimpulan banyak hasil penelitian disebutkan sesamin mampu menghambat produksi kolesterol dalam hati dan penyerapan kolesterol dari makanan. Khasiat ini makin kuat berkat adanya omega-3, yang juga bersifat antikolesterol. Namun wijen hitam memiliki lagi bonus tambahan khasiat, karena warna hitamnya menandakan kandungan pigmen betasianin-nya yang sangat tinggi. Selain sifat-sifat baik yang dimiliki wijen putih, wijen hitam masih menjanjikan tambahan khasiat mempercepat penyembuhan radang dan memacu peremajaan sel.



Resep nya cepeeet dan praktis banget ( menurutku looh ) :



haluskan b.merah+b.putih+1 buah tomat +minyak wijen 1sdt+ 2 sdm eloo+gulgarmer 

rendam ikan bersama bumbu halus selama 20 menit.

Lalu panggang bolak-balik, menjelang matang taburkan wijen,irisan daun bawang dan parutan wortel.




Selamat Mencoba ^^

Saya sih prefer Sarah makan ikan, ketimbang ayam, hehe. Apalagi di Balikpapan sini. wuidiiih ikan bertaburan dimana-mana deh. Sebenernya tekstur ikan dory ini sama kayak belut dan patin. Cuma patin itu gak tahan sama bau lumpurnya ituuuh. Kalo yang masak jago mah bisa ilang. Saya mah angkat tangan deh kalo ketemu patin. Big No No!

***

Balikpapan, 28 Agustus 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar