Senin, 03 September 2012

Donat Kentang


Donat Kentang

Ceritanya bikin ini ngepasin berat kentang, eeeeh ternyata pas ditimbang kentang yang udah dikukus menyusut jadi 332gram. What! Jadi deh semua saya rubah total. Perbandingan kentang: terigu = 1:1. Hasil modif abis-abisan deh. Untungnya lagiii, stok telor di rumah tinggal 2 biji. 

bahan: 
500 gram kentang ( saya pake 332gr)
150 gr gula pasir ( 50 gr)
3 kuning telur (2 kuning telur)
500 gr tepung terigu (332gr)
1 bungkus (11 gr) ragi instan (6gr)
1 sdm susu bubuk 
100 gr margarin/ unsalted butter, (50gr )lelehkan
gula bubuk/halus
minyak goreng

topping:
keju cheddar parut
DCC tim
WCC tim
homemade cream cheese 
chocochips
mesis


Cara membuat :

1. Cuci kentang, kukus hingga empuk dan matang, angkat. Kupas kulitnya selagi panas, lalu segera lumatkan menggunakan pelumat kentang (pakai garpu juga bisa). Sisihkan hingga dingin.
2. Kocok gula dan telur hingga mengembang dan kental, masukkan tepung terigu, kentang lumat, ragi instan dan susu bubuk, aduk rata. Masukkan margarin leleh, uleni hingga adonan kalis (tidak melekat di tangan). Diamkan adonan +/-45 menit supaya mengembang.
3. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu gilas setelah 1 cm. Cetak adonan dengan cetakan donat dan diamkan lagi selama 15 menit.
4. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Masukkan bulatan adonan satu per satu. Siram-siramkan minyak di atas bulatan adonan hingga mengembang dan matang, angkat, tiriskan.
5. Taruh donat di atas rak kawat, nampan atau wadah datar, taburi atasnya dengan gula bubuk, dan topping lainnya. Sajikan. 






Hasilnya didalam bulatan pun, bisa digoreng. Gak mau rugi bangeeeet gueeeh! hehe ;p
Bentuknya mirip pofertjes gak siih?! Anyway, Sarah doyan banget deh. 




Ini penampakan before and after digoreng. Emang sengaja bikin pake cetakan gituuh. Gak punya donutmaker, jadi saya pake tutup gelas dan tube red*xon gituh. Wakakkkk. Tapi gara-gara terlalu heboh sewaktu gilas adonan, jadi deh ketipisan. Harusnya bisa rada tebel siih. 






"One is never enough..."

Menurut suami saya sih, enak. Kalo testimoni art saya bilang, "ini lebih enak daripada yang dijual tetot tetot pake gerobak itu mbak."... Alhamdulillah. Ini beneran deh satu resep jadinya seabreg. Bagi-bagi kemana-mana masih aja gak abis. Kemringet dan ngos-ngosan pas ngulenin ni adonan terbayarr sudaaah sama hasilnya. Buktinya udah nginep di kulkas semaleman, dimakan keesokan nya masih empuuk euy. Worth to try deeeh. yeaayy ;)



***

Balikpapan, 3 September 2012

2 komentar:

  1. ridhaaaa, donat kentang udah berhasil ak coba, berhasil ;)
    makasih resepnya yah, lirik2 resep yg lain ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah klo berhasil, monggo dicoba yang lainnya ;)

      Hapus