Kamis, 14 November 2013

Strawberry Mousse



Udah kadung janji mau posting resep ini sama temen lama saya nun jauh di Jogja. Uyik hay haloo haloo jeng. Ni ku tulisin yah spesial pake telooor buat dirimu. Hehe.

Sebenernya bikinnya cepet dan super simpel menurut saya. Namun bahannya yang agak susah didapat. Yup, gelatin. Dulu rada susah cari gelatin yang halal disini.

Gelatin adalah suatu jenis protein yang diekstraksi dari jaringan kolagen kulit, tulang atau ligamen (jaringan ikat) hewan.

Pembuatan gelatin merupakan upaya untuk mendayagunakan limbah tulang yang biasanya tidak terpakai dan dibuang di rumah pemotongan hewan. Banyak digunakan untuk bahan pembuatan yoghurt, roti , es krim, permen dan lain-lain.

Gelatin sendiri banyak berasal dari tulang hewan. Seperti babi dan sapi. Nah baru-baru ini juga telah ditemukan beredar dipasaran gelatin dari tumbuhan. Semacam Konyaku, dari tumbuhan laut.

Sebagai seorang muslim tentu saja saya menjadi sangat hati-hati dalam memilih produk olahan apalagi yang berbau impor. Kudu dipelototin dulu deh itu produk. Ada gak Sertifikat MUI nya. Atau paling tidak sertifikat halal dari negara tersebut berasal.

Naaah, back to topic ya. Jadi seneng donk ketika saya menemukan gelatin yang sudah ada cap halal nya di TBK terdekat. Oiya, gelatin ada dua macam ya. Dalam bentuk powder (bubuk ) ada pula yang berupa lembaran. Yang saya pakai kebetulan dalam bentuk lembaran. Pas pertama kali kenalan sama si gelatin ini. Jujur, saya rada bingung. Koq bentuknya mirip plastik mika yaaaah?? Sampe berkali-kali saya tanya sama mbak nya yang jual. "Mbak, ni beneran bisa dimakan?" Heh! Biarin deh dibilang norak. Haha*




Okey check this out the original recipe by... Saya lupa sumbernya soalnya. Haduuuh tepok jidat*maapkeun.


Bahan:
140 gr strawberry jam (saya pake homemade strawberry jam)
110 gr creamcheese ( saya pake kurleb 4 sdm merk yummy produk lokal)
65 gr gula halus
2 bh air lemon (bukan jeruk nipis loh ya, saya pake cuma setengah dari 1 buah jeruk lemon itu juga udah cukup kecut menurut saya karena saya pake strawberry segar)
10 gr gelatin ( saya pake 5 lembar gelatin)
25 ml fresh milk ( saya pake UHT tapi kebanyakan sampe 100ml )
125 gr whipped cream bubuk ( saya pake 75gr, gak suka yang terlalu creamy sih)
Isian : vanilla sponge cake atau lady finger dibasahi simple syrup/air gula ( saya males baking cake, jadinya seadanya : koko krunch, marie regal dan singkong kukus di tumbuk halus)
Cara Membuat:
Campur stroberi jam dgn cream cheese, gula, lemon, kocok sampai tercampur rata
Rendam gelatin dalam air es sampai lunak
Kocok whipped cream sampai kaku
Panaskan susu, masukkan gelatin dalam susu panas hingga gelatin larut
Masukkan larutan gelatin dalam adonan stroberi jam dan whip cream aduk rata, masukkan refrigerator.
Siapkan cake ring/ wadah gelas atau plastik mika.
Letakkan sponge cake vanilla (isian lainnya) sbg base, tuang dengan adonan mousse, susun lagi berselang seling.
Simpan dalam freezer sampai dingin, lalu dihias dgn whip cream dan buah stroberi segar.
Oles buah dengan gelatin yg sudah dicairkan dengan air panas ( ini gak saya ikutin, ribet ah keburu pengen jepret dan sikat ).




Hasilnya hmmm.. So yummy. Teksturnya mirip eskrim deh. Lembut dan creamy tapi gak eneg. Yup, karena pemakaian whipped cream saya kurangi. Dan saya pake homemade strawberry jam, jadinya manisnya pas gak terlalu eneg dan manis di lidah.

Untuk isian saya pakai tiga macam. Hari pertama karena stok gak ada sama sekali. Mau bikin kue buat base cakenya maleeees banget. Karena jadwal bikin cake hanya sebulan sekali cukup. Jadi saya pake koko krunch persediaan sarapan praktis ala suami saya. Trus yang kedua, malem nya sepulang ngaji saya sempatkan beli marie regal. Ternyata adanya Marie regal buat bayi merk Sun. Haha* tetep juga saya beli. Karena saran dari mbak Titi, sebagai pengganti si lady finger.

Trus keesokan harinya, saya penasaran bikin singkong dikukus untuk cemilan Sarah. Saya masukin lah si singkong itu. Owalaaah ternyata Sarah doyan juga.

Tapiiii menurut lidah dan selera saya. Juwaranya yang isian si marie regal baby ini. Lebih mendekati lady finger ala tiramisu itu loooh.

Okelah sekian review dari saya. Beneran enak dan patut dicoba. Worth to try deh. Cemilan nakal niih, asal gak sering-sering aja gapapa sih.


Kalo ada yang nanya bikin homemade strawberry jam gimana?? Gampang. Tinggal blender buah strawberry segar tanpa air yaaah. Jadi bener-bener puree nya ajah. Trus masak bersama gula pasir/ madu dan tambahkan perasan air lemon kuleb 1sdt/1sdm. Bila suka tambahkan yoghurt. Aduk terus sampe mendidih dan agak kental. Masukkan ke dalam botol selai dan simpan di dalam kulkas. Takarannya sesuai selera. Pokoknya diicip-icip lah pake insting. Tsaaaah*

Ini asli enak dan sehat tentunya. Karena bikin sendiri, jadi sesuai selera kita donk manisnya. Menurut saya manis dan asemnya buah strawberry bener-bener nendang eh berasa pas dan cocok di lidah.


Jadi fresh outside, healthy inside. Beugh* mirip iklan minuman aja yak.

Selamat Mencoba. Keep Healthy Cooking. ^^

***

Balikpapan, 14 November 2013

2 komentar:

  1. kapan2 contek resep ini ah...punya gelatin bubuk dari kapan tau belum pernah dipake..:( eh iya, loyang pizza dulu dapetnya di Hypermart jeng..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah.kpn belinya?hayuuk diliat dulu jeng.sapa tau dah expired. Monggo dicoba. Semoga cocok dilidah. Thx infonya yah. Siap2 hunting loyang ah. Smoga nemu disini.

      Hapus