Jumat, 22 November 2013

Potato Churros



Masih dalam rangka #1 DSB challenge. Temanya Kentang. Kemaren udah sempet nyetor sih, cuma gak puas sama fotonya yang asli blawuuuur banget. Padahal resepnya super praktis. Mini burger Kentang. InsyaAllah nanti kalo sempat saya posting juga disini. 

Anyway, udah lama penasaran sama cemilan yang berasal dari negara Spanyol ini. Yup, Churros dengan dobel r ya. Males ngedit huruf yang di foto itu. hehe. Saya liat resep ini pertama kali di buku resepnya bu Sisca. Eh erus, ketemu lagi pas liat di sebuah majalah. Trus, banyak juga foodblogger berseliweran udah eksekusi resep ini. 

Si churros ini, sebenernya bisa di tambah dengan kentang atau labu kuning disini biasa disebut Waluh. Rasanya manis. Beda loh sama Kabocha.

Tapi karena temanya harus kentang, yasudahlag saya bikin pake kentang aja. Next time penasaran pengen bikin pake waluh. Mungkin lebih manis kali ya. ^^




Resep 

Bahan :

- 180 gr Kentang / labu kuning ( saya timbang setelah saya kukus dan haluskan, kurang lebih dari 3 kentang ukuran sedang )
- 180 gr tepung terigu
- 2-3 butir telur ( saya pake 3 butir karena telur ukuran kecil)
- 250ml susu cair ( bisa diganti dengan air)
- 115 Margarin / mentega ( saya pakai margarin)
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm susu bbuk / gula halus
- Keju parut cheddar ( lupa gak nimbang sepertinya sekitar 50gr)

Topping :
DCC yang di tim bersama butter
gula halus untuk dusting

Cara membuat :
- Panaskan susu bersama margarin di panci, lalu nyalakan api. Aduk hingga margarin larut.
- Masukkan kentang dan keju. Sambil terus diaduk
- BUmbui dnegan garam dan gula halus/ susu bubuk
- Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk
- Aduk memakai spatula, hingga tidak bergerindil. Sampai kalis yakni adonan sudah tidak lengket di panci. Matikan api. Angkat dan dinginkan
- Ambil mixer atau spatula aduk adonan, hingga uap air hilang. Tidak terlalu panas bila disentuh jari
- Masukkan telur satu persatu sambil aduk menggunakan mixer. Sampai agak lengkat dan dingin matikan mixer.
- Masukkan ke dalam plastik segitiga. Gunakan spuit bintang yang besar. ( Saya gak sabar, jadi pake spuitnya cuma sedikit).
- Siapkan loyang yang ditaburi tepung
- Bentuk sesuai selera di loyang. Panjang, melingkar dan bebas berkreasi.
- Masukkan loyang ke dalam frezzer. Simpan minimal 2 jam. Hingga agak mengeras
- Baru siapkan minyak goreng di wajan
- Goreng hingga kecoklatan. Sajikan hangat menggunakan topping gula halus dan coklat leleh.

Catatan : Adonan bisa disimpan terus di dalam frezzer. Ambil sedikit lalu goreng sesuai kebutuhan. Tahan sampai dnegan 3 hari di dalam frezzer. 




Hasilnya, mirip kue sus yang di goreng. Dengan bagian tengah yang kosong sebenernya enak juga kalo dikasih filling mirip-mirip antara eclairs dan donat. Tapi kalo donat kan pake acara dibanting-bantik dan pake ragi. kalo ini kan enggak sama sekali. Bikinnya gak makan waktu banyak sih, kecuali pas ngebentuk nyepuit nya itu loooh. Hadeeeh bikin gak sabaran, karena spuit saya bentuknya kekecilan. Jadi lamaaaa banget nyepuitnya. Akhirnya gak sabar, saya bikin asal jadi aja. Hehe ^^




Selamat Mencoba.

***

Balikpapan, 22 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar