Jumat, 08 November 2013

Chocolate Souffle

Udah kemeceeer banget saya pengen bikin ini cemilan. Pastinya spesial untuk suami saya yang udah beliin ramekin dari Jakarta sana. Gak muluk-muluk, request nya cuma minta bikinin Chocolate Souffle kayak di Masterchef US. 

Sebenernya tricky banget bikin ini. Soalnya yang perlu di garis bawahi adalah waktu memanggang. Cake yang diluarnya mirip cake pada umumnya, tapi kejutannya ada di bagian dalamnya yang moist eh malah cenderung meleleh coklatnya. 

Naaah, kalo untuk saya sendiri. Pressure time nya adlaah ketika Yusuf dan Sarah bangun tidur. Berarti pikiran saya jelas kacau balau. Walaupun udah pake alarm sekalipun. Pas kloter pertama, mateng dengan sempurna. Gak ada coklat leleh nya didalemnya. Baiklah, gapapa toh bisa untuk cemilan Sarah dan saya. Dilanjutkan dengan dua ramekin kloter berikutnya. Sempurna. Berhasil. Yeaay


Nah kan, Yusuf nangis, artinya to be continued yaaah..

Bingung kan kenapa saya bikin repost resep ini. Karena yang ini yang ada resepnya. Dan saya ngetiknya lewat BB, bukan di laptop. Kalo mantengin laptop lama-lama, bakalan heboh Sarah deh. Minta setelin ini lah itulah. Mamahnya terpaksa mengalah.


Karena ya gitu deh, kami menerapkan TV only for weekend. Selebihnya no TV for monday 'till friday. Kejam? Ah tidak lah. Toh tontonan di TV gak ada bagusnya untuk perkembangan anak-anak. Masih banyak sarana edukasi lain selain TV. Okelah stop bahas tv nya mari beralih ke souffle ini.

Jadi saya adakan percobaan saat memanggang. Tujuannya untuk mengenali oven saya, yaaah semacam pedekate lah. Memanggang dengan bertahap. Tidak berbarengan semua ramekin masuk.

Daaan, hasilnya sudah bisa diduga. Ada yang dalemnya tertulis, anda belum beruntung. Karena asli jadi mateng sempurna. Hiks sedih sih,tapii tetep enak koq buat dimakan.

Beruntung setelah gagal, saya pun menuai sukses. Ramekin di kloter berikutnya. Cihuuuy bener deh lelehannya. Melting kemana-mana. Saking serunya makan,lupa di foto ala terbalik atau seperti di copot dari ramekinnya.
Lupa daratan, lupa segalanya deh. Halagh hiperbolis kumat. Padahal saya bukan penyuka coklat loooh. Tapi karena efek busui kali yak, apa aja diembat. Makan satu aja udah kenyaaaang banget buat saya.







Ini resep dari blog nya mbak Hesti. Mbak Hesti menyadur dari Mr. Gordon Ramsey. Wihiii jadi dijamin deh enaknya. Thx to mbak Hesti for translate this recipe.^^

Bahan :
- 100 gr good quality of dark chocolate, potong-potong kecil (saya pake merk Colatta adanya cuman itu stok di dapur)
- 50 gr butter
- 50 gr margarin
- 100 gr gula halus
- 2 telur utuh + 2 kuning telur
- 85 gr terigu protein sedang ( kunci biru)
- 15 gr coklat bubuk
- 1/4 sdt garam
- margarin/butter untuk mengoles ramekin
- coklat bubuk untuk dusting cetakan


Cara membuat :

Olesi cetakan dengan margarin/butter. Simpan cetakan dalam kulkas sampai membeku. Ulangi lagi mengoles margarin di atas lapisan pertama. Beri coklat bubuk sampai seluruh bagian terkena. Buang sisa coklatnya sambil digoyang-goyangkan.
Tim dark chocolate, margarine, butter dan garam sampai meleleh. Aduk rata. Angkat, biarkan dingin selama sekitar 5 menit.
Kocok telur, kuning telur dan gula sampai mengembang dan berjejak. Tambahkan tepung perlahan-lahan sambil diaduk sampai rata.
Masukkan coklat leleh dalam tiga tahap sambil diaduk rata.
Tuang hampir penuh ke dalam cetakan. Simpan di kulkas minimal 20 menit.
Panaskan oven 200 C. Masukkan kue ke dalam oven dan panggang sekitar 9 -10 menit sampai permukaannya muncul crust dan pinggirnya sudah mulai terlepas dari cetakan.
Angkat. Biarkan 1 menit sebelum ditransfer ke piring saji.
Tuang kue ke atas tangan perlahan lalu pindahkan ke piring saji.


Nah,di resep itu melenceng banget di oven ku sampe 12-15menit baru mateng dengan lelehan coklat didalemnya. Jadi kenalilah oven masing-masing. Kalo perlu pake chemistry sekalian deh. Baca doa dulu ya sebelum memanggang. Hihi.

Catatan : kue ini bisa disimpan sampai satu bulan bersama cetakannya di dalam freezer. Waktu panggang ditambahkan 5 menit apabila dalam keadaan beku.



Dua di bawah ini penampakan yang gagal meleleh dalemnya. Terlihat perbedaan warna cakenya. Yang mateng sempurna jelas lebih coklat yaiyalaaaah coklat gosongnya. Wahahaaa. Namanya uji coba kadang sukses kadang juga gagal. Gak ada noda, ya gak belajar. Siip. ^^



2 komentar:

  1. hmm....jadi kemecer juga liat coklat yang meleleh ituu...nunggu resepnya tayang deh :)

    BalasHapus
  2. Makasih udah mampir um. Done yah resepnya. maap pake lama bin bangeeet. hehe. Maklum nge blog nya disambi-sambi. Hehe ^^

    BalasHapus