Rabu, 20 November 2013

Nagasari Hunkwe

Kemarin tepatnya saya sengaja order ke tuksay untuk dibelikan pisang raja. Karena emang niat mau bikin kue cemilan untuk ngaji. Semangat 45 dan bambu runcing. Tambahin deh pake iket kepala ala samurai. Pokoknya sore ini harus jadi makanan buat dibawa ngaji besok harinya.

Ternyata, mendadak saya migren pemirsah. Terkapar tak berdaya oh tidaaak! lebay dikit*
Tapi tetep keukeuh mau eksekusi si pisang. Karena saya udah bawa golok buat nyabetin daun pisang minta tetangga deket rumah. Sampe Pak Burhan, yang lagi bersih-bersih kebon juga ikutan semangat nebangin daun pisang yang tinggiiii sekali diatas. Sampe manjat-manjat tembok segala. Makasih pak atas hasil jerih payah anda. Anda layak jadi security komplek. ^^





Sambil puyeng dan kliyengan, saya masak. Eh ternyata saking kliyengnya gak bisa bedain warna tepung. Asal campur aja, jadilah warnanya coklat gak jelas. Karena emang sengaja saya bikin si nagasari kali ini menggunakan tepung Hunkwe. Sebenernya saya beli Hunkwe ini karena mau dibikin cendol. Eh cendol saya yang pertama suksesss berat looh. Tapi gak sempet acara poto-poto. Karena udah ludes ditangan suami saya dan Sarah. Bikinnya aja bertiga sampe masuk dapur. Heboh dan penuh keringet. Haha.

Lah koq jadi ngomongin cendol siiih? Back to topic.
Nagasari. Udah saya siapin daun pisang, dijemur, dirobek-robek dan agak dipanaskan sedikit layu dan mudah dibentuk. Tapi gara-gara kliyengan itu tadi, akhirnya yang dibungkus daun pisang cuma jadi 7 bungkus. Selebihnya saya punya akal cerdik. Yup, masukin dalam cetakan aja biar cepet. 

Ada yang belum kenal sama tepung Hunkwe? Nih saya kasih bocoran sedikit ya. Haha. kayak ujian aja deh. 

Tepung hunkwe merupakan tepung dari kacang hijau. Tepung ini berwarna putih dan biasanya dikemas dengan kertas berbentuk silender sekitar 18 cm. Jika dimasak tepung ini aromanya harum dan berwarna bening dan kenyal teksturnya. Biasanya diolah menjadi cendol, kue pisang atau puding. Karena agak unik aromanya maka tepung ini sulit diganti dengan tepung lain. Meskipun bisa juga diganti dengan tepung kanji dengan hasil sedikit berbeda.





Resep

Bahan :
- Pisang raja dikukus dan dipotong- potong membujur serong samping
- 400ml santan
- 120 gr Tepung Hunkwe
- Daun pisang yang sudah dijemur dan dilayukan agar mudah dibentuk
- 100gr Gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 2 ikat daun pandan simpulkan
- 2 batang vanilla pods, keruk isinya


Cara membuat :
- Masukkan ke dalam panci kecil semua bahan diatas kecuali daun pisang dan buah pisang. Aduk dulu hingga merata
- Lalu bila sudah merata semua bahan, nyalakan api sedang. Aduk terus hingga mengental
- Matikan api bila adonan sudah terasa berat.
- Tata di lembaran daun pisang, gulung dan lipat rapih. Atau bisa juga gunakan cetakan.
- Masukkan ke dalam kukas hingga mengeras.



Akhirnya si nagasari bertransformasi jadi kayak puding. Hasilnya enak sih. Cuma saya lebih suka nagasari memakai tepung beras. Itu lebih juara dibanding ini menurut saya loooh. Kembali lagi ke selera masing-masing.

Nah, bener kan saya bilang resepnya simpel dan praktis gak pake acara kukus mengukus. Ni resep ekspress buat orang migren yang maksain masak. ^^

Selamat Mencoba

***

Balikpapan, 19 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar