Senin, 18 November 2013

Jurnalnya Yusuf (2)

Udah lama yah gak update perkembangan Yusuf. Oiya, just info ini blog emang bukan hanya sekedar untuk saya sharing resep dan melulu tentang makanan. Tapi juga sharing banyak hal. Terutama kehidupan dan keluarga saya sendiri.

Ada banyak hal untun diceritakan disini. Curcol? Ah gak juga sih. Toh dulu, saat saya rajin update jurnalnya Sarah disini. Saya jadi banyak tahu, dan bisa membandingkan antara perkembangan Sarah dengan Yusuf dengan umur yang sama.

Buat orang lain sih gak penting. Tapi untuk saya sebagai Ibu mereka. Pentiiing banget. Dan kelak untuk catatan saya serta anak-anak bila mereka sudah beranjak dewasa.

Ya, mudah-mudahan blog ini bisa berumur panjang, walaupun umur saya sebagai manusia sudah pasti ditentukan dan digariskan oleh Allah SWT.

Okey, back to topic. Biasa deh, selalu ngomong ngalor ngidul dulu.

Karena dari judulnya sudah jelas. Jadi didalam tulisan ini gak bakal saya cantumkan resep ya. Haha* yang baca juga udah ngerti kaleee.

Terakhir menimbang Yusuf saat diberikan vaksin BCG. Yup sekitar tanggal 22 September 2013. Dengan BB 6,3kg dan panjang 64cm. Pemberian vaksin dilakukan di klinik kantor suami saya.

Saat itu memang vaksin jenis BCG sedang mengalami kelangkaan di sekitar Balikpapan. Yusuf termasuk ke dalam waiting list untuk mendapatkan BCG. Alhamdulillah, kami beruntung bisa mendapatkannya selang tiga hari dari ulang bulan ketiga Yusuf.

Saat saya menulis ini, berarti Yusuf sudah masuk bulan ke empat. Tak terasa empat bulan sudah Yusuf mulai menapaki kehidupannya.

Perkembangan secara motorik nya baik. Sudah mulai bisa tengkurep sendiri pas di ulang bulannya yang ketiga. Persis seperti Sarah. Memang sengaja saya latih anak-anak saya untuk tumbuh kembang di lantai.

Bukan langsung di lantai sih, karena tetep saya alasi karpet dan perlak biar tak kedinginan. Dengan maksud tak lain adalah agar Ia bisa beradaptasi dengan baik dengan tempat yang keras. Maksud saya begini. Bila Ia terbiasa di kasur terus, Ia akan tumbuh menjadi anak yang terbiasa dengan tempat yang empuk dan nyaman.

Nah, tempat dimana Ia terbiasa diletakkan akan mempengaruhi bagaimana cara Ia bisa menjatuhkan kepalanya saat posisi berguling dan tengkurep. Yusuf terlihat lihat saat menjatuhkan kepalanya di tempat yang keras sekalipun. Jadi Ia cepat sekali bisa berguling-guling kesana kemari.

Dengan bobot yang lumayan berisi, Yusuf bisa beradaptasi dengan baik. InsyaAllah saya akan memberikan ASI ekslusif sama seperti Sarah dulu. Mudah-mudahan bisa sampai usianya dua tahun. Aamiin*

Foto yang terlampir diatas, menunjukkan Yusuf sudah bisa merespon dengan baik. Ia sudah bisa merespon lawan bicaranya. Tersenyum dan tertawa. Ah, hati siapa yang tak luluh melihat tawa cerianya.

Saat lelah mendera, senyum anak-anak lah yang mampu menyejukkan hati. Menjadi penyejuk mata orang tuanya.

Termasuk kategori anak yang rewel kah Yusuf? Tentu tidak. Terbiasa saya gendong? Ah itu mah pola asuh orang jaman dulu kali. Sekarang saya biarkan Ia bermain. Saat sudah haus, baru saya angkat dan berikan asi. 'Bau tangan' kata orang Jawa. Kalo anak yang terbiasa di gendong, pasti Ibunya lah yang susah, jadi gak bisa mingset ngapa-ngapain. Nah, ini tergantung kita juga. Pola asuh seperti apa yang akan kita terapkan kepada anak-anak kita.

Mungkin saat ini juga menjadi landasan dan bentukan. Mau kita bentuk menjadi apa anak-anak kita kelak. Saat masih bayi sekalipun.

Sama seperti Sarah, Yusuf juga berclodi loooh. Ah sayang file foto Yusuf yang lagi mejeng pake clodi nan unyu-unyu itu udah dipindah semua ke lapto siiiih. Jadi lain waktu saya posting disini deh. Gak janji deh,Kalo masih inget* hehe

Walaupun saya akui, memang saya campur dengan Diapers juga sih. Apalagi saat musim hujan datang, waduuuh itu stok clodi berapapun banyaknya gak bakal cukup untuk gonta-ganti seharian. Hujan sama dengan cucian gak kering, sama dengan pake diapers sementara.

Oiya, ada hal yang perlu dicatat disini. Kemarin saya sempet makan enak. Sampe lupa daratan kalo saya lagi menyusui. Saya tuh makan udang. Masak Udang ditepungin pake tepung roti. Tadinya cuma nemenin Sarah makan,eh eh tapi koq keterusan. Jadi habis banyak deh.

Keesokan harinya Yusuf bentol-bentol merah kayak habis digigit semut disekujur kaki dan tangannya. Waduuuuh maafkan mama ya nak! Jadi anak ini sama kayak Sarah dulu, alergi namanya udang.

Oke sip mama catet ya. Besok udang gak ada dalam list makanan mama lagi deh. Walaupun godaannya itu amat sangat beraaat buat saya. Hiks :'(

Sekian dulu ya update jurnalnya Yusuf. Saya udah ngantok yang teramat dahsyat nih. Lanjut lagi next time yah.

***

Balikpapan, 18 November 2013

Salam sukses
Ridha (innatikariedha@yahoo.com)

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar