Minggu, 14 Juni 2015

Ayam Panggang dengan LOCK & LOCK Oven Glass







Marhaban Ya Ramadhan,


Sebentar lagi Ramadhan tiba, Semua umat muslim menyambutnya dengan hati gembira. Seperti kedatangan tamu yang ditunggu- tunggu setiap tahunnya. InsyaAllah akan dipertemukan kembali kita pada bulan suci nanti. 

Semua umat muslim pastinya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Baik secara fisik maupun mental. Semua kebutuhan hampir disiapkan. Begitu juga dalammenyusun menu saat Ramadhan nanti.

Tidak perlu berlebih- lebihan ya teman, Karena Allah pun tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan bukan? Sewajarnya saja. Karena kita berpuasa, bukan malah kita harus membuang- buang uang, waktu dan tenaga untuk membelanjakan uang kita untuk makanan. 

Tertulis dalam Q.S Adz- Dzariyat : 56
"Dan tidaklah AKu ciptakan jin dan manusia melainkan supaya beribadah kepada-Ku".
Keutamaan berpuasa adalah menahan diri dan berusaha mengendalikan diri, dan berpuasa baik secara fisik maupun hati kita hanya karena Allah SWT. 

Memasak. Nah, Berpuasa dan memasak sendiri di rumah. Tentunya menjadikan puasa kita lebih bermakna dan sehat. Sehat karena kita bisa mengatur sendiri makanan dan asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Tentu saja juga lebih hemat, karena dengan itu juga kita bisa mengatur budget belanja untuk keperluan memasak sehari- hari. 





Untuk itu saya ingin membagi resep ayam panggang menggunakan LOCK& LOCK Oven Glass. Ayam Panggang yang mantap menurut saya adalah, bumbu yang meresap dan merata semua baik di luar maupun di bagian dalam ayam. 

Memang butuh kesabaran untuk membuat ayam panggang. Dengan bumbu bacem dengan cara diungkep dengan air kelapa dan bumbu- bumbu lainnya menjadikan ayam panggang ini terasa sangat spesial. Apalagi bisa menjadi salah satu menu istimewa di saat Ramadhan nanti. Ibu di rumah bisa mengungkep ayam atau bahan lainnya seperti tahu, tempe atau telur terlebih dahulu. Lalu simpan di LOCK & LOCK Oven Glass masukkan ke dalam kulkas. Bila ingin disantap baru panggang di oven atau bisa juga dnegan menggorengnya sebentar. Dan sajikan saat hangat. Hmm... sangat menggugah selera keluarga. 




Ini dia resepnya,

Bahan :

Bumbu Halus, Haluskan :
1 1/2 sdm ketumbar di sangrai terlebih dahulu
1/2 sdt jinten ( saya pakai yang bubuk)
1/2 sdt pala 
5 bawang merah
4 bawang putih
2 sdm gula merah yang sudah disisir
1 sdm garam
1 sdm asam jawa
1 potong lengkuas , geprek
1 ruas jahe, geprek
4 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh, geprek

3- 4 sdm kecap manis
1 ekor ayam
400 ml air kelapa
Madu sebagai olesan, sebelum di panggang
Kentang, kukus
wortel, kukus


Cara Membuat :
1. Bersihkan ayam, lumuri dengan air jeruk nipis. Sisihkan
2. Haluskan bumbu halus. Ulek hingga halus merata. 
3. Siapkan E-Deco Fry Pan/ panci/ wajan untuk mengungkep ayam. Masukkan air kelapa dan bumbu halus. Rebus hingga mendidih. Lalu masukkan ayam.
4. Sesekali bolak- balik ayam. Masukkan kecap manis. Tunggu hingga air habis.
5. Matikan api bila air sudah habis. Kemudian masukkan ayam ke dalam LOCK & LOCK Oven Glass. Tata dengan potongan kentang yang sudah dikukus sebelumnya. 
6. Oles dengan madu. 
7. Siapkan oven. Panaskan di suhu 170-180 Der Celcius. Lalu masukkan ayam. Panggang hingga 35-40 menit. Lalu keluarkan dari oven bila sudah kecoklatan. 
8. Sajikan dengan pelengkap lainnya. 


Taraaa.... Ayam Panggang super mantap ini siap dinikmati


Untuk urusan memanggang ayam panggang ini bukan hal mudah ya. Karena perlu ketepatan waktu yang baik. Agar tidak terlihat gosong, seperti punya saya. Hihi.. tutup muka pake serbet!! karena saya tinggal sebentar saja, ayam pun berubah menjadi sedikit kehitaman, Walau begitu, rasa nya masih mantap untuk dihabiskan. hehe. pembelaan*

Nah, untuk membuat ayam panggang tentu bukan juga hal mudah. Karena sebelumnya saya selalu memakai bantuan alumunium paper. Sebagai alas di loyang. Kalau tidak, bisa dibayangin donk, loyang saya bakal susah dibersihkan karena bumbu yang menempel dan noda yang susah dibersihkan. 




Namun, sekarang Say Bye- Bye deh sama noda membandel. Karena saya memakai LOCK & LOCK Oven Glass yang terbukti sangat membantu saya dalam membuat ayam panggang super mantap inih. Yeaay! Alhamdulillah. LOCK&LOCK Oven Glass ini terbuat dari bahan Heat-Resistant Glass (kaca tahan panas) yang bernama Borosilicate.


Ada beberapa Keunggulan dari Oven Glass dari LOCK & LOCK ini. Antara lain sebagai berikut :
1. Tidak pecah dengan sendirinya karena perubahan suhu
2. Bisa digunakan dalam microwave, oven dan freezer
3. Berat lebih ringan bila dibandingkan dengan tempered glass
4. Suhu permukaan lebih rendah setelah digunakan dalam microwave ataupun oven
5. Tetap bening meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Saya dulu tak mengerti apa perbedaaan antara tempered glass dengan heat resistance glass. Nah ini dia penjelasan bisa dibaca di gambar di bawah ini :



LOCK& LOCK Oven Glass ini ternyata terbuat dari bahan Heat-Resistant (kaca tahan panas)yang bernama Borosilicate. Mengapa LOCK&LOCK memakai Heat-Resistant Glass
  1. Aman dan tidak mudah pecah. Lock& Lock Glass aman dari pecah secara tiba-tiba kecuali adanya tekanan dari luar
  2. Tidak akan pecah berkeping-keping. Heat-resistant (borosilicate) tidak seperti temperad glass yang akan pecah berkeping-keping ketika memuai
  3. Lock& Lock Glass. Sebuah merk Heat -resistant (borosilicate) glass terbukti amandigunakan dalam kampanye Keselamatan Hidup Nasional menjamin keamanan sesuai dengan standar kaca tahan panas (KS L2424). Standarisasi industri Korea
  4. Kasus Glass di negara Jepang. Sejak beberpa akasus glass di Jepang, Pemerintah Jepang merekomendasikan produk glass untuk oven microwave seperti Lock&Lock Glass yang aman dipakai untuk anak sekolah 
  5. Lebih Ringan. Lock&Lock Glass lebih ringan 10% sehingga dapat mengurangi nyeri pada pergelangan tangan dibandingkan tempered glass
  6. Tahan Lama. Heat-resistant lebih tahan lama dibanding tempered glass karena Na2Onya lebih rendah.



Jadi, kurang lebih sekarang udah pada tahu kan ya? Apa perbedaan antara kedua bahan kaca ini. Sekarang lebih aman donk memasak menggunakan bahan yang terbuat dari heat- resistant. Namun, perlu diperhatikan ya, karena bahan ini terbuat dari kaca. Sehingga sangat rentan pecah karena terjatuh atau terkena benda keras. Jadi, diperlukan ketelitian dan kehati- hatian dalam menyimpan wadah oven glass ini. 

Back to Ayam Panggang. Ini dia sedikit gambaran dari bahan dan cara membuatnya.

Ini kunci utama agar bumbu lebih terasa. Sangrai terlebih dahulu ketumbar. Menggunakan E-Cook Deco Fry Pan 


The best part of it, adalah dengan cara mengulek secara manual.  

Ulek hingga bumbu halus dan merata

Ayam diungkep
Taraaa.... Ayam selesai diungkep. Bumbu meresap dengan sempurna. 

Ayam masuk ke oven, menggunakan LOCK & LOCK Oven Glass. 
Postingan ini saya ikutkan dalam kompetisi LOCK&LOCK “Mrs. Chef”.  Ini adalah kompetisi yang dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food)

Selamat Mencoba, Semoga bermanfaat. 


***

Balikpapan, 14 Juni 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar