Jumat, 29 Mei 2015

Pancake Nanas dengan LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan





Kali ini saya membuat hidangan manis atau ta'jil untuk pembuka puasa saya dan keluarga dirumah. Sebenernya sih, saya aja yang puasa dalam rangka membayar hutang puasa Ramadhan tahun lalu. Yaelaaah haree gene baru bayar utang, ya gapapalah dimaklumi donk. Saya kan busui. Eh* ngelesss aja kayak bajay ih. Tutup muka pake dandang*

Okey, karena masih punya sisa nanas, selain untuk palumara kemarin, juga dimakan sebagai buah. Dan si nanas ini pun saya culik sedikit untuk saya jadikan cemilan ringan manis bagi yang berpuasa yang tentunya manis juga donk yaah. haha. maksa*

Banyak sekali loh ternyata manfaat dari buah nanas ini. Selain untuk bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, Vitamin C di dalam buah nanas juga cukup tinggi. Mengatasi flue dan demam, menjaga kesehatan gigi dan gusi, dapat menghaluskan kulit Hayoo siapa yang gak mau kulitnya muluus??  Angkat tangan tinggi!! dapat juga menurunkan tekanan darah, menjaga kekebalan tubuh ( Nah, ini niih baguus banget untuk anak- anak kan ya).

Jadi intinya, Nanas is Segerrrr!! Nanas is bergizi! Jadi saya tertarik membuat pancake dengan isian nanas ini. 

Langsung ke resep aja yah. Sebenernya basic dari kulit pancake ini sama seperti resep membuat kulit risoles. Hanya penambahan gula pasir sedikit dan air saya ganti dengan susu cair. Selebihnya takarannya pun sama persis. 



Resep Pancake Nanas :

Bahan :
Kulit :
150 gr tepung terigu
400 ml susu cair
2 butir telur
2 sdm minyak zaitun / Bisa juga menggunakan minyak goreng
1 sdm gula pasir

Isian :
80 gr daging buah nanas, cuci dan iris- iris
150 ml air matang
2 sdm madu
2 sdm gula pasir
1 sdm tepung maizena campur dengan air 50 ml, aduk 
1 batang kayu manis

Cara Membuat :
1. Kulit : Campur semua bahan menjadi satu. Aduk rata. Untuk hasil yang sempurna gunakanlah mixer atau blender, aduk menggunakan spatula endapan dari tepung didasar. Hingga licin. 
2. Ambil 2 sdm adonan kulit, buat dadar menggunakan pan dadar anti lengket. Setelah bagian luar mengering, Angkat perlahan. Usahakan jangan sampai robek.
3. Isi : Masukkan semua bahan, aduk rata. Setelah mengental, nanas agak lunak dan harum, Matikan api dan angkat. 
4. Penyelesaian : Ambil adonan kulit, potong menjadi dua bagian. Lalu isi dengan 2 sdm isian nanas. Dan tutup kembali dengan membentuk menjadi segitiga atau kerucut. Selesai. Sajikan. 




Adonan kulit, licin dan tercampur rata. Tidak ada terigu yang bergerindil

Nyalakan api kecil saja. Panaskan sebelum dituang adonan kulit



Tuang 2 sdm adonan kulit ke fry pan, perlahan lalu putarkan secara merata. Agar semua permukaan pan tertutup

Ambil kulit yang sudah matang, perlahan menggunakan suthil panjang 

isian nanas yang sedang dimasak

Terlihat mudah bukan?
Bangeet deh, pokoknya wajib dicobaain resepnya inih. 
Apalagi dengan wajan anti lengket ini, hmm... memasak lebih mudah dan menyenangkan, Jadi teman baik para Ibu2 didapur kayaknya niih. 



Postingan ini saya ikutkan ke dalam Kompetisi LOCK&LOCK Mrs. Chef bersama LOCK&LOCK Indonesia dan HHBF ( Homemade Healthy Baby Food). 

Tuuh kan, wujud aslinya wajan ini besarrr ya pemirsa. Tapi besarnya untuk keluarga saya yang terdiri dari 4 orang anggota keluarga, rasanya cukup koq. Mau masak besar, ataupun sekedar bikin dessert atau cemilan ringan. Sangat pas dan cocok. Mudah dibersihkan, nyaman saat digunakan dan yang paling penting sangat sehat karena dilapisi dengan lapisan Hand- Anodized. Yang akan menjadikan coating lebih tahan goresan dalam waktu yang lama. Apabila terjadi scratch/goresan pada coatingnya pun, pan akan tetap aman digunakan untuk memasak karena makanan tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium, melainkan ke lapisan Hard-Anodized. Makanan yang bersentuhan langsung dengan alumunium akan berbahaya bagi tubuh karena alumunium dapat melepaskan materi "racun" ke dalam masakan. Hal itu dapat menyebabkan beberapa penyakit dan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan kanker karena penumpukan material hasil pelepasan tersebut.


Nanasnya langsung meledak segerr dimulut
Bila ditanya hasilnya, hmmm perpaduan yang sangat maniiis. Berbukalah puasa dengan yang manis dan menyehatkan. Selain manis dan segar dari nanas, kayu manis pun ikut menyumbang aroma wangi yang khas di panganan ini. Kulit pancake yang lembut sangat cocok dengan isian yang bertekstur. Bila kurang manisnya, bisa ditambahkan madu saat penyajian. Back to selera masing- masing yaah.



Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat.

***

Balikpapan, 29 Mei 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar