Kamis, 28 Mei 2015

Nasi Bakar Ayam Jamur dengan LOCK & LOCK E- Deco Fry Pan dan HHBF










Assalamualaikum. 

Dear, my dearest blog. Apa kabar  dunia?
Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat yah. Sudah lama rasanya tidak menuliskan ini itu dan berbagi disini. Nah, pada kesempatan kali ini saya membawa kabar gembira buat semuah, Eh ciyeeeh. 

Nasi, panganan wajib orang Indonesia kan ya? Kayaknya kalo gak makan sama nasi, rasanya kurang nendang. Jadi berasa gak makan kali ya. hehe.
Terkadang variasi menu nasi yang itu- itu saja membuat kita terkadang kurang selera. Atau terasa terlalu ribet, apalagi emak- emak yang punya balita kayak saya. Tunjuk hidung sendiri!

Nasi Bakar. Pernah donk nyobain? Harumnya yang aduhai sukses membuat selera makan kita tergugah. Eh, ternyata bikinnnya gak seribet yang saya bayangin loh. Beneran deh, apalagi sejak memiliki LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Yang terbuat dari teknologi Hard-Anodized. 

Apakah itu Hard-Anodized ?
Teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nya. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini. 

Jadi seperti pucuk dicinta, ulam pun tiba. Membuat nasi bakar ini lebih mudah dan sehat tentunya. Dengan sedikit menggunakan minyak, Pan dari Lock & Lock ini cepat sekali panas, walaupun menggunakan api yang tidka terlalu besar. 

Ini dia penampakannya :


Alhamdulillah memasak lebih mudah dan sehat sejak ada senjata baru nan kece ini di dapur saya. 




Oke, cuss ya gimana resep pembuatan nasi bakarnya. 
Bahan Nasi :
300 gr beras, cuci, tiriskan
½ sdm garam
3 lbr daun salam
2 batang sereh
600 ml santan
3 lembar daun jeruk


Bahan Isian:
200 gr jamur tiram, iris-iris
100 gr daging ayam, potong dadu
1 ikat daun kemangi, cuci dan siangi
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
2 buah cabe hijau besar, iris serong
2 buah cabe merah keriting, iris serong
5 cabe rawit, iris serong
2 buah tomat, cincang kasar
2 sdm minyak untuk menumis 


Bumbu halus :
3 bawang putih
5 bawang merah
1/2 sdt terasi bakar
1/2 sdt garam
1 sdm gula merah yang sudah disisir halus
1/4 sdt merica

6 sdm minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus


Cara Membuat : 
1. Membuat Nasi :
Rebus santan, serai, daun jeruk, daun salam,dan garam. Sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan beras, aduk hingga santan terserap habis. Angkat. Kukus selama 30 menit hingga matang. Angkat. Sisihkan.

2. Membuat isian :
Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, daun salam, dan lengkuas,tumis hingga harum.Tambahkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan jamur dan tomat. Aduk rata. Lalu masukkan daun kemangi, aduk rata sebentar. Angkat.


3. Penyelesaian:
Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan tusuk gigi kedua ujungnya. Panggang diatas wajan teflon atau di dalam oven, hingga harum. Sajikan hangat.

Catatan : Penyajian untuk anak, sebaiknya cabe di hilangkan dari bahan. Atau bisa dibagi dua, tidak menggunakan cabe dan terasi terlebih dahulu. 



Saking mudahnya dibersihkan, setelah memasak nasi, hanya saya cuci bilas dengan air. Kemudian saya lap lalu saya lanjutkan untuk menumis bahan isian ayam jamur


Ini adalah penampakan saat nasi bakar di panggang. Gunakan api yang kecil saja ya. Agar terbakar merata. 


Hasilnya, hmmm... Harum semerbak menyeruak ke seluruh ruangan dapur saya. Dan anak- anak pun antusias untuk menghabiskan nasi bakar langsung dengan bungkus daun pisang ini. Keluarga pun lahap saat menyantapnya. Sehat, murah dan tentu saja bergizi. Tekstur jamur yang kenyal, menambah variasi dan gizi didalamnya. 





Postingan ini saya masukkan didalam kompetisi LOCK&LOCK “Mrs. Chef”. Ini adalah kompetisi yang dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food). Terimakasih LOCK &LOCK Indonesia dan tentu saja HHBF yang selalu dihati.

LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan adalah pan anti lengket, tahan terhadap panas, mudah dibersihkan, nyaman ketika digunakan, dan memiliki warna yang beragam.





***

Balikpapan, 28 Mei 2015

1 komentar: