Jumat, 29 Mei 2015

Palumara dengan LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan



Palumara lagi yah judulnya, menyambung postingan saya yang sebelumnya mengenai Palumara untuk anak. Bisa dilihat disini.  Nah, kali ini saya membuat Palumara ynag lebih spesial, yep untuk orang tua nya donk yah. Dengan  tambahan nanas yang rasanya asem, kecut  , manis dan segar tentunya menambah selera makan keluarga. 

Sebenernya Palumara sendiri adalah berasal dari daerah Sulawesi. Eh, beneran cucok loh di lidah saya sekeluarga. Yang notabene lahir dan besar di tanah Jawa. Ikan dimasak seperti ini sangat segar, dan gak amis koq. Karena banyaknya variasi rempah- rempah didalamnya. Khas sekali rasa dan harumnya yang menambah perut makin krucuk- krucukk. 
Menu ini sangat pas untuk semua jenis  ikan air laut. Tapiii, yang paling cocok dan pas menurut saya, ya ikan kakap merah ini. Wah,apalagi  kalo udah bagian kepala , hmmm.... gak pake tampang jaim lagi deh. Makan sepuasnya. Apalagi ditambah nasi, tempe goreng dan sambel terasi. Glekh!

Postingan ini saya masukkan juga ke dalam Kompetisi LOCK&LOCK "Mrs.Chef ". Ini adalah kompetisi memasak yang diadakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF ( Homemade Healthy Baby Food). 


Untuk bahan perbandingan dari memasak Palumara sebelumnya, Alhamdulillah sekarang masak lebih cepat dan sehat loh. Tentu donk! Kan ada E-Cook Deco Fry Pan dari Lock & Lock. Ini Dia fotonya seperti dibawah ini. 

dengan ukuran diameter 26cm, sangat pas untuk memasak beragam menu untuk keluarga

Tampak samping, handle tangannya ini, pas banget loh. 

Dengan ukuran diameter 26cm, sangat pas untuk memasak beragam menu untuk keluarga. LOCK & LOCK E-Cook Deco Fry Pan adalah pan anti lengket, tahan terhadap panas, mudah dibersihkan, nyaman ketika digunakan, dan memiliki warna yang bervariasi.

LOCK & LOCK menggunakan Teknologi Hard Anodized dalam membuat produk Cookware-nya. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Lapisan Hard-Anodized ini akan menjadikan coating lebih tahan goresan dalam waktu yang lama. 

Apabila terjadi scratch/goresan pada coatingnya pun, pan akan tetap aman digunakan untuk memasak karena makanan tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium, melainkan ke lapisan Hard-Anodized. 

Makanan yang bersentuhan langsung dengan alumunium akan berbahaya bagi tubuh karena alumunium dapat melepaskan materi "racun" ke dalam masakan. Hal itu dapat menyebabkan beberapa penyakit dan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan kanker karena penumpukan material hasil pelepasan tersebut.

Nah, jadi lebih sehat kan tentunya. Iris gas dan irit minyak untuk menggoreng pastinya. Udah gak sabar ya resep Palumaranya. Silahkan mari disimak dibawah ini :


Resep Palumara 

Bahan:
- 1kg ikan kakap merah, belah dan potong membujur
- 1 batang daun bawang, iris-iris
- 1 buah tomat  
- 50 gr nanas, potong- potong
- 1 ikat daun kemangi, cuci dan siangi
- ½ sdt garam
- 2 sdt merica
- 2 sdm gula merah, iris halus
- 500 ml air, saya bagi menjadi dua yakni : 300ml untuk menu dewasa + 200ml untuk anak- anak 
- 2 sdm minyak zaitun

Tambahan untuk resep dewasa :
- 1 buah cabe merah besar, iris serong
- 1 buah cabe hijau besar, iris serong
- 5 buah cabe rawit, utuh
- 1 buah terasi bakar


Bumbu halus, haluskan: 
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 cm kunyit 
- 2 buah kemiri
- 1 sdt ketumbar
- 1 cm jahe, geprek
- 1 ruas lengkuas/laos, geprek
- 2 batang serai
- 2 lembar daun jeruk
- 3 lembar daun salam


Cara Membuat:
1) Tumis minyak zaitun bersama ikan kakap, bolak-balik hingga setengah matang. Angkat
2) Gunakan minyak sisa menumis ikan untuk menumis bumbu halus
3) Masukkan, lalu lanjutkan dengan masukkan serai, daun jeruk, bumbu halus, aduk hingga harum. Masukkan air dan bumbui dengan garam, merica dan gula merah. Masak hingga mendidih.
4) Masukkan ikan. Masak menggunakan api sedang dan ditutup.
5) Terakhir, masukkan tomat dan irisan daun bawang, daun kemangi, cabe merah, cabe hijau dan cabe rawit.
6) Matikan api. Sajikan hangat.


Catatan : Sebelum dimasak untuk dewasa. Sebaiknya ambil bumbu halus sebanyak 1-2 sdm lalu masukkan ikan dan air masak seperti resep diatas. Setelah itu sisa bumbu halus, gunakan kembali untuk memasak orang dewasa. Bisa digunakan cabe dan terasi. 

minyak yang digunakan, sya memakai minyak zaitun kurang lebih 2-3 sdm untuk menumis ikan sebentar

Bumbu yang dihaluskan

ikan yang digoreng menggunakan minyak sedikit, bila dikedua sisi sudah berwarna putih dagingnya. Angkat dan sisihkan

Ikan dimasak bersama bumbu dan semua bahan 
Nah, ini dia penampakan Palumara yang tanpa cabe, untuk anak- anak. 



Nanas, bisa digantikan dengan bahan lain. Seperti tomat hijau, belimbing wuluh atau bila tidak ada bahan tersebut. Air asam jawa atau air jeruk lemon juga bisa menggantikan asam segar yang ada pada menu ini. 

Silahkan dicoba ya, Semoga bermanfaat. 
Enjoy!


***

Balikpapan, 29 Mei 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar