Selasa, 16 Juni 2015

Klapetaart dengan LOCK & LOCK Oven Glass




Saat Ramadhan tiba, saatnya membuat menu ta'jil untuk berbuka puasa.
Ta'jil atau cemilan ringan untuk berbuka puasa. Bisa disantap saat berbuka, selain itu juga dapat dinikmati setelah selesai melaksanakan ibadah sholat Tarawih. 

Sebenarnya tidak ada yang spesial untuk membuat ta'jil, karena toh saya juga sudah terbiasa untuk membuat cemilan anak- anak setiap harinya. Kebayang donk punya dua anak usia balita yang butuh cemilan. Snack time mereka itu dua kali sehari, tiap  pagi dan sore. Gak ada tukang jajanan lewat rumah saya, itu menjadi salah satu alasan saya membuat cemilan sendiri di rumah. Yaiyalah tinggal di gunung gini. Hehe. Tapi gak juga sih, karena saya rada pemilih kalau untuk urusan cemilan. Mending membuat sendiri dirumah, ketimbang beli. Tentunya lebih sehat dan aman untuk masuk ke perut anak- anak donk. Ya kan.. ya akan? 

Klapetaart yang saya buat kali ini adalah jenis potong. Bukan yang bertekstur lembek ya. Ada dua jenis versi klapetaart sendiri. Yang jenis ini, anak- anak bisa memakannya. Karena saya memakai bahan yang bebas dari pewarna sintesis makanan. Seperti yang terkandung dalam tepung custard. Yang biasa dipakai untuk membuat olahan klapetaart ini. 

Banyaknya kurma dan kelapa saat Ramadhan tiba, sangat cocok dimasukkan untuk hidangan ini. Kurma termasuk makanan yang dianjurkan di makan saat berbuka puasa. 

Saat berbuka puasa, urutan makanan yang terbaik bagi orang yang berbuka puasa adalah ruthab (kurma basah), tamr (kurma kering) kemudian air, kalau itu pun tidak ada, maka boleh menggunakan sirup atau air juice buah yang mengandung unsur gula yang cukup, seperti air yang dicampur sedikit madu, jeruk, lemon, dan sebagainya

Zat-zat yang mengandung gula yaitu glukosa dan fruktosa memerlukan 5-10 menit dapat terserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong. Dan keadaan tersebut terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Jenis makanan yang kaya dengan kategori tersebut yang paling baik adalah kurma khususnya ruthab (kurma basah) karena kaya akan unsur gula, yaitu glukosa dan fruktosa yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh



Resep Klapetaart

Bahannya :
115 gr daging kelapa muda
2 sendok mentega 
200ml air kelapa muda
150ml susu cair
4 sdm gula pasir 
3 butir kuning telur 
5 sdm tepung maizena
5 buah kurma, iris- iris
58 gr kacang kenari, sangrai terlebih dahulu lalu hancurkan kasar. 
2 lembar roti tawar, iris dadu
35 gr kurma kering, rendam di air terlebih dulu, lalu tiriskan.
1 batang kayu manis, parut.
1/4 sdt garam

Cara membuat :
1. Aduk kuning telur bersama gula hingga tercampur merata. 
2. Kemudian masukkan tepung maizena. Aduk rata, hingga halus dan tak bergerindil. masukkan Lalu terakhir masukkan mentega. Aduk rata. 
3. Panaskan wajan/ panci, tuang susu dan air kelapa didalamnya.Lalu masukkan campuran kuning telur dan gula ( adonan sebelumnya), Masukkan kelapa, kenari, garam, kismis, parutan kayu manis dan kurma . Aduk cepat hingga mengental. Matikan api. 
4. Tata wadah glass lock di bagian bawah dnegan roti tawar. 
5. Tuang adonan klapetaart di atas roti tawar yang sudah disusun. Taburkan dengan parutan kayu manis ( bila suka).
6. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama 30 menit hingga berwarna kecoklatan dengan suhu 180 Derajat Celsius.
7. Sajikan. 

Catatan : Bisa disimpan di kulkas ataupun suhu ruang, dalam keadaan tertutup.

Tekstur dalamnya lembut dan bisa dipotong

Hasil nya klapetaart jenis ini mudah dipotong- potong. Karena isiannya yang banyak, sehingga sangat bertekstur dan bervariasi rasanya. Kelapa sangat kahs untuk hidangan ini. Pilih kelapa yang masih segar. Isiannya sendiri pun bisa divariasikan sesuai dengan selera masing- masing.


Kacang kenari disangrai terlebih dahulu menggunakan Deco Fry Pas dari LOCK & LOCK

Bahan- bahan Klapetaart, telur yang belum masuk frame. hihi. kelupaan di poto

Adonan yang sudah mengental

Dasar wadah ditutup dengan potongan roti tawar

Tata adonan di atas roti tawar, tata toping menyeluruh dan merata diatas permukaan

Klapetaart siap di panggang di dalam oven. Ukuran dua Glass locknya pas dan cocok sekali didalam oven saya yang imuut. hehe


Dalam membuat hidangan ini, saya memakai Oven Glass dari LOCK & LOCK. Terbukti sangat mudah digunakan. Karena saya tak perlu oles- oles margarin, atau memakai kertas baking, Klapetaart ini bisa dipotong dan diambil dengan mudah. Tidak menempel didasar wadah sama sekali. Begitu juga saat dibersihkan. Sangat mudah dan gampang. 





Tutup wadahnya pun, saya pakai untuk menghindari dari serangan semut. Yup, di rumah saya itu semutnya termasuk ganas. Jadi, saya selalu umpet- umpetan makanan dari serangan semut. Biasanya andalan saya sih masuk ke dalam kulkas.  Hehe. 

Nah, sekarang aman terkendali makanan saya. Walaupun di taruh di atas meja sekalipun. 




Ada beberapa Keunggulan dari Oven Glass dari LOCK & LOCK ini. Antara lain sebagai berikut :
1. Tidak pecah dengan sendirinya karena perubahan suhu
2. Bisa digunakan dalam microwave, oven dan freezer
3. Berat lebih ringan bila dibandingkan dengan tempered glass
4. Suhu permukaan lebih rendah setelah digunakan dalam microwave ataupun oven
5. Tetap bening meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama.



LOCK& LOCK Oven Glass ini ternyata terbuat dari bahan Heat-Resistant (kaca tahan panas)yang bernama Borosilicate. Mengapa LOCK&LOCK memakai Heat-Resistant Glass
  1. Aman dan tidak mudah pecah. Lock& Lock Glass aman dari pecah secara tiba-tiba kecuali adanya tekanan dari luar
  2. Tidak akan pecah berkeping-keping. Heat-resistant (borosilicate) tidak seperti temperad glass yang akan pecah berkeping-keping ketika memuai
  3. Lock& Lock Glass. Sebuah merk Heat -resistant (borosilicate) glass terbukti amandigunakan dalam kampanye Keselamatan Hidup Nasional menjamin keamanan sesuai dengan standar kaca tahan panas (KS L2424). Standarisasi industri Korea
  4. Kasus Glass di negara Jepang. Sejak beberpa akasus glass di Jepang, Pemerintah Jepang merekomendasikan produk glass untuk oven microwave seperti Lock&Lock Glass yang aman dipakai untuk anak sekolah 
  5. Lebih Ringan. Lock&Lock Glass lebih ringan 10% sehingga dapat mengurangi nyeri pada pergelangan tangan dibandingkan tempered glass
  6. Tahan Lama. Heat-resistant lebih tahan lama dibanding tempered glass karena Na2Onya lebih rendah 


Terimakasih LOCK &LOCK. Sekarang memanggang di oven ataupun menghangatkan makanan di microwave menjadi lebih nyaman, mudah dan aman. Alhamdulillah. Bakalan jadi teman baik saya di dapur niih. 

Postingan ini saya masukkan ke dalam kompetisi LOCK & LOCK "Mrs. Chef " . Yang diadakan oleh Homemade Healty Baby Food bekerja sama dengan LOCK & LOCK Indonesia.


***

Balikpapan, 16 Juni 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar