Jumat, 07 Maret 2014

Cimplung Singkong


Cimplung Singkong

Cemilan berbahan dasar singkong yang konon kabarnya berasal dari daerah Banyumas. Penamaan cimplung ini sendiri mungkin di tiap daerah berbeda-beda. Tapi kenapa saya koq langsung jatuh hati sama si cimplung ini. Dengan alasan, terdengar lucu, unik, nyeleneh, dan membuatnya pun praktis, murah meriah bahan bakunya, dan mudah ditemui.

Saya membuat ini, dalam rangka setoran untuk Kuis HHBF 10rb. Yang diadakan dengan tujuan memajukan kembali resep yang berbahan dasar panganan lokal untuk anak-anak. Aturan mainnya, semua bahan tidak boleh melebihi dari Rp.10.000,- 

Sebenernya susah-susah gamppang yah, karena toh di Balikpapan semua bahan sayur mayur pun harganya berbeda jauh dari di Jawa sana. Tapi kkarena saya udah terlanjur cinta sama HHBF apapun saya jabanin. Challlenge Accepted!! ^^

Kepikiran bikin cemilan yang unik dan murmer. Tapi mendadak saya lagi repot banget. Di rumah lagi ada Painting project. Tukang tiap hari dateng, dan saya butuh ekstra waktu dan tenaga untuk menyiapkan ala kadarnya cemilan, kopi, atau  minum es sirup. Jadi untuk sementara waktu saya gak bebas leluasa kesana kemari. Karena rumah kotooor dimana-mana. Kecuali didalem sih ya. Karena yang lagi di cat cuma bagian luar dan depan saja.






Resep nya :

Bahan :
Singkong
2 ikat daun pandan
air matang
gula merah

Santan :
Kelapa parut
air matang
2 ikat daun pandan
garam
Tepung maizena ( saya tidak pakai)
gula pasir ( saya tidak pakai karena ingin rasa santan yang gurih, dan manis alami)

Cara membuat :

1. Rebus singkong dengan air matang dan masukkan daun pandan, sampai empuk ( gunakan tes tusuk garpu)
2. Bila sudah agak empuk, masukkan gula merah yang sudah disisir kasar.
3. Gunakan api sedang, jangan lupa untuk membolak-balikkan singkong, agar matang merata dan tidak menghindari gosong di dasar panci
4. Bila air sekiranya sudah agak menyusut, matikan api. Sisihkan
5. Buat santan menggunakan kelapa parut yang sudah diperas dengan air matang dan ambil santan kentalnya. 
6. Rebus santan sebentar, masukkan daun pandan dan garam sedikit. Bila tahap ini ingin fla santan yang agak kental masukkan beberapa tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit santan encer/air matang tambahkan gula pasir. ( Saya tidak memakai mengingat budget yang sudah ditentukan)
7. Bila sudah meletup-letup, matikan api.
8. Sajikan cimplung singkong dengan kuah santan. Nikmati selagi hangat,


Kuliner khas Indonesia, banyak ragamnya. Praktis membuatnya bukan?
Kalau bukan kita dan anak cucu kita lalu siapa lagi yang akan mewarikan budaya nusantara negeri sendiri? tssaaaah*

Mari kenalkan kuliner 'ndeso' kepada anak-anak kita. Cimplung minimalis, manfaat maksimalis.
Banyaknya manfaat dari singkong sendiri. Bagus untuk pertumbuhan anak-anak. Mengandung karbohidrat dan serat. 

Selamat Mencoba

***

Balikpapan, 7 Maret 2014

1 komentar:

  1. http://curhattekeh.blogspot.co.id/2016/03/cara-membuat-cimplung-khas-banyumas.html

    BalasHapus