Jumat, 21 Februari 2014

Brownies Mocaf

Mumpung inet lagi lancar, posting ah.
Tetep resep menyusul, mau ngurus bocah dulu.



CHOCOLATE BROWNIES gluten free.additives free,less sugar 
Resep dapet dari bungkus kemasan, namun sudah saya modifikasi. Tanpa penambahan Baking Powder dan gula dikurangi.

Bahan :
(untuk loyang Brownies uk 30x10x4 cm)
100 gr gula kastor/gula halus
180 gr tepung  MOCAF
225 gr margarine ( 150gr margarine, sisanya butter)
130 gr dark cooking chocolate (kalau mau lebih nyoklat bisa sekitar 140-150 gr)
kacang almond 
3butir telur uk.sedang
40gr coklat bubuk
25gr susu bubuk ( saya pake hot chocolate cadbury 1 bks isi 30gr)


Cara Membuat :

* Lelehkan mentega dan dark cooking chocolate sampai lumer di panci dgn api kecil, angkat lalu diamkan sebentar hingga agak dingin
* aduk gula dan telur di baskom terpisah menggunakan mixer/whisker hingga merata dan berbusa warna agak pucat. Bisa juga menggunakan whisker,asal rata.
* Masukkan adonan coklat dan mentega ke dalam adonan telur+gula.
* Masukkan tepung, coklat bubuk, dan susu bubuk.aduk menggunakan spatula aduk balik hingga merata dan tepung tidak menggerindil
    * Siapkan loyang brownies yang sudah dioles mentega dan dialas kertas roti.
    * Tuang setengah adonan kedalam loyang
    * Taburi atas adonan dengan Almond
    * Panggang sampai matang. panas 180'C lama kurleb 25-40 menit.(Tgt oven masing2) gunakan tes tusuk bila sudah tdk lengket di tusukan.berarti sudah matang.
    * Diamkan sebentar, potong-potong



Di resep aslinya memang ada pemakaian Baking Powder sebanyak 1/2 sdt dan gula halus sampai 175 gr. Terserah bila berkenan digunakan.

Baiklah, anggap saja saya terlalu selektif atau idealis. Yep, saya harus idealis untuk memasak dan membuat panganan untuk keluarga saya dirumah. Terus apa donk bedanya cake yang kita bikin sendiri sama cake buatan Cake shop diluaran sana? Mungkin perbedaaan belum cukup kalo untuk masalah higienis saja.

kalo dijawab, ya beda donk. Cake diluar bisa beremah loh trus mengembang kalo perlu sampe meletus. Masak sih?? yakin pake BP, BS, Soda kue, emulsifier ngaruh banget? Gak juga tuh. Asal kita bisa menguasai teknik pengocokan. Bisa juga koq cake mengembang sempurna, beremah dan manjain lidah deh pokoknya. 

Ah, jangan anggap saya sok sehat juga. Karena seminggu sekali pasti saya jajan keluar dan menyantap cake ataupun rerotian diluar sana. Jadi tak apalah untuk urusan cake ini biar menjadi pilihan hati masing-masing. 

Menurut saya sih, agak canggung ya. Tertulis di resep sebuah kemasan tepung yang mengusung gluten free, tapi memakai additive dan penggunaan gulanya pun maksimal. Menurut saya pribadi, itu udah maniiis banget loh untuk ukuran dewasa apalagi untuk anak-anak. Sekali lagi, ini hanya pendapat sotoy saya semata jangan terlalu diambil hati ya.^^



***

Balikappan, 21 Februari 2014

2 komentar:

  1. Langsung meleleh liat browniesnya Rid... fotonya makin mantep lho..propertinya juga...kalo aku nggak serajin itu deh kayaknya atur settingan makanan dan propertinya...hihihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih jeng. Ini juga simplicity bgt. Pas anak2 belum bangun tidur,saat nya nge-teh nyambi jepret. Pas udh bangun,kembali menjadi emak yang rempong beraaaat. ^^

      Hapus