Sabtu, 08 Maret 2014

Cireng isi ayam bumbu rujak



Ceritanya lagi demam cireng melanda kawasan Balikpapan. Saya penasaran, apa sih kelebihan si cireng ini. Kalo dipikir-pikir, kan biasa banget lah. Cireng aja pake dijual sampe luar kota. Owalaaah, ternyata strategi marketing baru. Rupanya si cireng ini dijodohin sama sambal rujak. Makanya orang-orang pun hebriiing bener.

Baiklah, mari kita coba eksekusi cireng vs sambal rujak. Biar tau dan penasaran saya terobati.

Eh, ternyata beneran enak loh. Cocok banget. Dan kebetulan,saya masih punya sisa daging ayam ang udah direbus, jadilan eksekusi pake isian ayam. Hmmm.. Yammi.

Besoknya, tuksay bawa tenggiri. Langung saya borong. 1kilo cuma daging nya aja loh. Kebayang kan udah gak perlu ribet nge fillet lagi. Pas diliat, eh gede banget, ini kebayang aslinya ikannya seberapa ya. Ditimbang pun 1kg lebih. Alhamdulillah.

Punya stok tenggiri itu enak, hari pertama bikin pempek, trus otak-otak bakar, terakhir baru deh cireng. 

Tapi sayangnya gak sempet kefoto, sibuk banget. Yusuf lagi gak bisa ditinggal lama-lama. Lagi lengket sama mamanya ini. Tumbenan*

Kalo mau ditambahin ikan tenggiri, adonan cirengnya tinggal tambah putih telur 1 biji. 

Keesokannya saya bikin yang versi abang-abang gak pake biang. Enak juga koq. Cuma saya tambahin ikan tenggiri didalamnya. Langsung dicampur kedalam adonan cireng. Wuiih yang ini lebih mantaaap. Cobain deh, bakalan nagih*

Eh malah jadi bingung ya, Okey back to resep. Jadi karena judulnya isi ayam. Resepnya yang isi ayam aja ya. Hoho. Jadi resep cireng isi ayamnya ada dibawah ini yah. Maap kalo ngomongin tenggiri kadang suka lupa daratan sayah. Hihi. ^^

Resep kulitnya saya pake resep mbak Diah Didi. Makasih mbak. Untuk isiannya saya sesuaikan dengan stok dan selera dirumah.

Bahan utama :
150 gram tepung tapioka 
2 batang daun bawang, iris halus

Bahan biang :
50 gram tepung tapioka
2 sendok makan tepung terigu 
100 ml air
4 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh garam secukupnya 
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh

Isian :
Bawang bombay iris tipis dadu
Bawang putih 2 siung haluskan
Daging ayam yang sudah di rebus sebentar
Garam
Merica

Sambal rujak :
Kacang goreng 2sdm, haluskan
Air asem jawa 2sdm
Cabe rawit 6-8biji
Gula merah 2 glondongan kecil ( asli gak nimbang sistem kira-kira aja.diicip aja sesuai selera)
Sedikit garam

Isian : tumis semua bahan isian.sisihkan

Cara mengolah biang : Didihkan air, masukkan semua bahan dan bumbu-bumbu. Aduk rata hingga bergumpal dan jadi adonan yang matang.

Campur adonan dengan tepung tapioka dan daun bawang, uleni rata.

Olesi kedua tangan dengan minyak goreng, lalu bentuk cireng sesuai selera. Ambil sedikit adonan diisi dengan isian, kemudian di pipihkan gitu, jadi bentuk bulat tipis.

Goreng di minyak panas hingga matang dan renyah bagian luarnya.

Sambal rujak :
Haluskan/ulek sedikit garam, lalu masukkan cabe rawit ulek, masukkan kacang yang sudah digoreng,masukkan gula merah hingga tercampur rata,terakhir air asam jawa. Icip sesuai selera manis,pedes dan asamnya. Lalu jerang di panci sebentar hingga meletup dan kental. Diamkan.

Sajikan cireng dengan bumbu rujak kacang. Cocol selagi hangat. Nikmat.^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar