Sabtu, 22 November 2014

Cookdate Challenge Sunco


Berawal dari pertemanan di tanah Borneo kami dipertemukan. Balikpapan menjadi tempat tinggal kami bertiga.

Sebuah komunitas bernamakan Dapur Sehat Bunda kami bertemu. Komunitas di dunia maya, yang memiliki visi dan misi memasak makanan sehat untuk keluarga tercinta di rumah.

Ridha, Yuyun dan Titi. Itulah nama kami bertiga. Sebelumnya memang saya berteman baik dengan mbak Titi. Beliau teman yang sangat menyenangkan dan selalu support apa yang saya lakukan. Sedangkan mbak Yuyun, saya mengenalnya lewat komunitas ASI saat kopdar perdana setahun yang lalu. Kami semua adalah ibu rumah tangga dengan memiliki kesibukan masing- masing. Mbak Yuyun dan mbak Titi selain seorang IRT, mereka juga membuka usaha kue rumahan. Dari tangannya lah berkembang ide- ide kreatif makanan yang lezat dan juga berbuah menjadi usaha rumahan.

Tantangan "Cookdate challenge" dari Sunco. Tema olahan nya yakni makanan yang berbahan dasar ubi atau ikan. Pada cookdate ini, akhirnya berhasil mempertemukan kami kembali. Setelah lama tak berjumpa, tenggelam dengan kesibukan masing- masing.

Memasak dilakukan di rumah saya, keseruan memasak bersama sangat terasa. Selain sibuk di dapur, saya yang masih memiliki bayi dan balita tentu saja sibuk membagi waktu antara anak- anak dan memasak. Belum lagi, kehebohan dua bocah Sarah dan Akhtar yang sibuk memporak-porandakan rumah. Sementara Yusuf yang asik ngelendotin emaknya ini. Dan ada insiden lucu juga saat sedamg heboh memasak, gas saya mendadak habis. Tukangnya pun tadinya urung mengantar ke rumah, tapi karena saya nodong untuk alasan yang penting. Akhirnya gas pun berhasil diantar sampai ke rumah.


Kami putuskan untuk membuat onde- onde. Yep, siapa yang tak suka onde- onde? jajanan ini selalu dicari dan disukai setiap umur. Baik anak-anak maupun dewasa. Dengan isian yang  spesial dan bergizi tentunya. Campuran ubi dan kacang hijau. Ubi tentu saja bahan pangan yang mudah, murah dan selalu dijumpai di tukang sayur. Ubi memiliki kandungan serat yang tinggi yang baik untuk pencernaan tubuh. Kacang hijau pun tak kalah gizinya. Paduan rasa manisnya ubi dan kacang hijau tentu saja menambah tekstur nya yang legit, berpadu dengan kulit yang renyah dan gurih. Wijen, juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah baiknya bagi kesehatan tubuh.




Eiiit, makan gorengan gak takut kolesterol tuuh? Ini sih gorengan sehat a la Sunco yaaah. Menggoreng menggunakan Sunco, lebih cepat matang merata dan tidak perlu takut warna minyak cepat menghitam. Dibandingkan dengan minyak goreng sawit yang lain, Sunco tidak mudah beku. Ini membuktikan bahwa Sunco adalah minyak goreng dengan kandungan asam lemak jenuh terendah sehingga meminimalkan peningkatan kolesterol (LDL Kolesterol).
Alhamdulillah lebih aman dan tenang sekarang bikin gorengan sehat di rumah.

Resep yang kedua adalah pangsit bunga. Kulit pangsit berbentuk bunga yang sedang mekar. Isiannya tentu saja olahan ikan dan ubi. Ikan yang kami pilih adalah jenis ikan tenggiri. Hmmm.. ini mah favoriiit nya semua orang. Rasa dan gurihnya sangat khas sekali. Dipadu dengan ubi yang manis, menambah cihuuy rasa pangsit ini. Highly recommended lah! Sarah aja sampe gak sabar nungguin pangsit ini mateng.








Resep terakhir yang kami buat adalah, Roll cake Bingu. Bolu gulung Ubi lah ya nama kerennya. Tsaaaah* Ni foto yang aslinya yang batch pertama gak sempet keposting. Karena berhubung si sinyal entah lagi ngadattt. Next time yah. 


Batch kedua 


Bukan soal menang atau kalah, ataupun soal kompetisi. Tapi dengan adanya cookdate ini, saya jadi lebih banyak belajar. Banyak tips dan trik yang diberikan dari kedua master memasak itu.Saling berbagi dan semoga bermanfaat satu sama lainnya. Wuiiih senang dan hepi rasanya. Sepertinya perlu diagendakan niih memasak bersama lagi. Hehe. ^^

Setelah selesai semuanya, saya memandangi rumah saya yang kacau balau di setiap sudut ruangan. Mulai dari halaman depan, teras, ruang tamu sampai ke dapur. Ckckck… Elap keringeeet* Hahaha.

Belum lagi, mendadak saya panen toge di keesokan harinya. Sarah dan Akhtar ternyata sibuk menanam kacang hijau di halaman depan. Toweeewwww! Tepok jidat bener deh.




Oiya, akhir kata. Temukan resep kami di resepsehat.com yah. Banyak resep menarik lainnya disana loh. 



4 komentar:

  1. Wah, blognya mak Ridha, emang isinya makanan semua ya.... wuih...pangsitnya "berbunga", ini dia nih emak- emak yg jago masak, emang kudu ikutan lomba resep Green Food Festival 2014 nih, hehehe.... Salam kenal kembali ya mak...Salam jg tuk mak Yuyun dan Titi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mak Eka. Makasih ya udah mampiiir, Gak smua isi makanan koq mak. kebeneran aja tampilannya makanan semua. hihi. ngeles* jiaaah udah niat mau ikutan, keburu lagi riweeh euy ini. tapi thx ya mak share dan infonya.

      Hapus
  2. Wah, ubi dan ikan. Pas banget soalnya aku pesco vegetarian :)

    BalasHapus
  3. Hai mak Lindi. Makasih ya udah mampir. salam kenal dari Balikpapan. Iya yah, silahkan meluncuuur ke resepsehat.com mbak. banyak resep yang cocok utk para vegetarian.

    BalasHapus