Jumat, 21 November 2014

Donat Ubi



Ubi, termasuk bahan yang selalu ada di rumah selain kentang, singkong dan pisang.
Karena bahan pangan ini selalu gak pernah mati gaya mau dimacem- macemin. Mau diapa- apain, selalu enak dan bergizi tentunya.

kali ini saya bikin donat. Yep, karena lagi kepengen aja. Stok cemilan di rumah hampir tiap hari selalu ada. Yah, karena tuntutan dari saya sendiri. Jadi ya kudu siapin tenaga dan waktu buat bikin ini itu untuk anak- anak. Rumah saya yang nyariiis tak pernah tersentuh jajanan, mungkin membuat saya jadi lebih mandiri untuk terus berkreasi di dapur. Yaiyalaaah rumahnya di atas gunung getoooh. Naiknya aja mungkin abang-abangnya udah gempor duluan. hihi. Jadi ya harus disyukuri sajalah.




Resepnya bisa dilihat dari resep saya sendiri waktu bikin donat kentang. Hanya takarannya saya modifikasi menyesuaikan bahan. 

bahan: 
250 gram tepung terigu
60 gr gula pasir
2 kuning telur
160 gr pure ubi ( dari ubi yang sudah dihaluskan )
5 gr ragi instant
2 sdm susu bubuk 
Salted butter 50 gr lelehkan
1 sdt garam 
gula bubuk/halus
minyak goreng



Cara membuat :

1. Cuci ubi, kukus hingga empuk dan matang, angkat. Kupas kulitnya selagi panas, lalu segera lumatkan menggunakan pelumat kentang (pakai garpu juga bisa). Sisihkan hingga dingin.
2. Kocok gula dan telur hingga mengembang dan kental, masukkan tepung terigu, kentang lumat, ragi instan dan susu bubuk, aduk rata. Masukkan butter leleh, uleni hingga adonan kalis (tidak melekat di tangan). Diamkan adonan +/-45 menit supaya mengembang.
3. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu gilas setelah 1 cm. Cetak adonan dengan cetakan donat dan diamkan lagi selama 15 menit.
4. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Masukkan bulatan adonan satu per satu. Siram-siramkan minyak di atas bulatan adonan hingga mengembang dan matang, angkat, tiriskan.
5. Taruh donat di atas rak kawat, nampan atau wadah datar, taburi atasnya dengan gula bubuk, dan topping lainnya. Sajikan. 

Karena saya bikin pake breadmaker saat menguleni. Jadi campur adonan. step nya : telur, terigu, gula, garam, ragi di sudut yang berlainan. Lalu setting mode dough selama 1:30. Setelah mengembang, baru cetak menggunakan cetakan donat. 

Beress!!



Kepengenan yang konyol adalah, dusting si donat ini. Yeaaay Done!! haha. walaupun hasilnya awur- awuuur seperti biasa gak karuan bentuknya. 



Sumber : http://ridhainnatika.blogspot.com/2012/09/donat-kentang.html

2 komentar:

  1. Aih, ubi bisa dibikin juga jd donat, toh...Dua tahun sebelumnya, Green Food festival juga mengadakan lomba resep dari bahan ubi, mak. Dan yang menang adalah yang bikin pizza dari ubi. Wew... ubi bisa diapa-apain ya rupanya...

    BalasHapus
  2. hai mbak eka. iya nih, ubi selalu jadi primadona di rumah selain singkong dan pisang. karena murah dan selalu dibawa tukang sayur keliling. yang penting anak- anak suka. makasih udah mampir ya mbak.

    BalasHapus