Selasa, 20 Mei 2014

Puding Sutra Buah


Puding sutra buah atau puding sutra cocktail dikenal juga dengan nama puding tahu.
Saya kenalan sama puding jenis ini ya baru pas menetap di Kaltim. Tepatnya di Samarinda.
Gimana gak, tiap kali datang hajatan. Entah kondangan, kawinan, sunatan, tasmiyahan, pengajian. Puding ini selalu hadir memeriahkan prasmanan.




Awalnya saya bingung, dimana tahunya. Ternyata bukan dari bahannya pemirsaah. Melainkan bentuk potongannya yang mirip tahu. Owalaaah. tepok jidat*






Resep :

tuang ke dalam panci :
1kaleng SKM
6 kaleng air matang ( menggunakan bekas kaleng SKM yang tadi) saya pake cuma 3-4kaleng air matang saja
agar-agar 1 sachet yang plain

Aduk rata, kemudian nyalakan api. Sampai meletup matikan api. Tuang ke wadah pyrex.

Diamkan dalam suhu ruang. Bila permukaan sudah agak mengeras. Di tes dengan cara menggoyang wadah. Bila adonan sudah tidak terlalu berair. Bisa dimasukkan campuran sirup dan air. Tuang perlahan.

Saya pakai sirup nanas( bisa pake sirup mangga, jeruk, atau homemade sirup dari sari buah-buahan segar untuk anak-anak). Lalu susun topping buah. Saya pakai pepaya, mangga dan nata de coco.
Lalu simpan dalam kulkas agar mengeras. Beres. Sajikan dingin.

Ini resep dari Mbak Titi. Jazakalillah ya mbak, resepnya cocok niiih. Waktu silahturami kerumah mbk Titi, pulangnya saya dibawakan puding ini. Baru deh saya penasaran sama cara bikinnya. Ternyata cukup simple.

Manis, asam, kecut, segerrrrr... Rame rasanya. WOW! Dengan tekstur yang lembut memanjakan lidah. 

***

Balikpapan, 20 Mei 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar