Kamis, 16 Januari 2014

Senang nya ber-MPASI Homemade

Dari judul diatas sudah jelas dan gamblang kalau ini bukan tentang resep. Tapi saya sengaja sharing mengenai MPASI dengan segala pernak-perniknya.

Tak terasa sebentar lagi Yusuf, anak kedua saya sudah memasuki bulan ke enam. Yang artinya, akan dimulailah ber MPASI. Walaupun ASI masih panganan utamanya, tapi tak jarang banyak Ibu-Ibu (seperti saya sendiri ) masih lupa-lupa inget saat memulai MPASI anaknya.

Dulu, saya pernah membahas MPASi dengan berbagai aliran didalamnya. Saat saya merasa cocok dengan aliran yang saya pilih. Dan saya pun membagikannya ke teman-teman ataupun adik-adik saya.

Kenapa saya pilih judul diatas,'SENANG'??Yup, Senang melakukan segala sesuatunya untuk buah hati tercinta. Kalo hati tidak senang, maka sia-sia juga semua usaha. Alih- alih anak nya mau makan, yang ada beribu komplen dan keluhan yang datang dari dalam diri Ibu deh. Nah, jadi coba siapkan fisik dan mental nya dulu yah Buibu. Kalo hati riang, senang, gembira, maka akan keluar aura dan energi positif yang menuntun anak-anak mau makan masakan Ibu mereka. Sehat, bergizi dan pastinya lebih higienis. Bonusnya lebih irit donk. Haha. teutep matre*

Nah, garis bawahi dulu deh MPASI dengan homemade! Buat yang tidak tertarik dengan segala keribetan homemade, harap gak usah dibaca lebih lanjut. Karena sama aja boong kalo masih nongkrong dimarih. Serius deh, homemade itu capek, repot, ribet tapi hasilnya InsyaAllah memuaskan. Apa yang kita tanam, itu juga kelak yang akan kita tuai. Beugh ni ngomongin MPASI aja visi misinya canggih kan?? hihi. ^^

Nah, untuk pembahasan kali ini saya akan mengenalkan berbagai macam alat tempur MPASI. 'Must have items' menurut saya sih. Tapi gak saklek kudu punya juga sih, yah yang penting buat new mom punya gambaran lah ya.

Okey, check this out !


Nah, ini dia penampakan alat-alat tempur MPASI.
1. Blender atau sekarang lebih heboh Hand blender (HB). Yang ada di gambar bawah. Fungsinya ya tentu saja untuk melembutkan bahan makanan. Seperti buah, sayuran, protein dan lainnya. Kenapa saya pilih handblender? karena chopper kecil saya rusak, jadi ada modus ganti HB yang baru. haha* becanda dink. Yang pasti HB lebih mudah dan gampang dibawa dan digunakan. Apalagi buat yang doyan travelling. Oiya point lagi HB lebih irit cucian loh. Karena, untuk sekali bikin puree bayi itu kan porsinya seiprit banget, jangan samain sama orang dewasa yang porsi sebakul masih nambah ya. Jadi dengan HB kita gak perlu pake blender segede bagong. Lebih fresh memang Makanan bayi dibuat untuk sekali makan. Tai hal ini nanti akan saya bahas, untuk para Working Mom yang hobi nyetok MPASI. Alias Frozen food/puree/ gravy. Okey, udah ada gambaran kan mau pilih beli blender, chopper atau HB?? Pilihan terserah anda. 

2. Parutan. Parutan bisa parutan keju ataupun parutan kelapa. Menurut saya sih lebih baik yang stainless yah. Karena tidak mudah terjangkit jamur dibandingkan parutan kayu. 

3. Saringan kawat. Sebenernya saringan ini yang bentuknya lebih besar sedikit. Alasannya? ya biar mantep aja sih. hehe. Point yang penting adalah saringan dan parutan ini bisa untuk menggantikan fungsi HB bila mati lampu mendadak. Yup, ini pengalaman pribadi saya. 

4. Mangkuk Stainless. Bisa digunakan untuk mengukus makanan. Stainless dengan embel-embel SNi yah. Biar aman untuk pemanasan suhu tinggi. Sebenernya sih silicone juga boleh, oiya, saya punya silicone. Tapi lupa kefoto disini. Nah, silicone pun cari yang BPA free yah. Aman digunakan untuk mengukus dan microwave. 

5. Wadah makanan. Andalan para Ibu-Ibu sih kado dari Akikah anaknya. Yup, Merk Pigeon yang biasa dapet dari kado itu. Sudah terbukti bagus kualitasnya. Dan dari segi harga juga terbilang terjangkau.

6. Tempat minum. Nah, tempat minum ini, fase 1 yakni belajar untuk menyeruput ( semacam spuit), lalu dilanjutkan dengan fase kedua yakni menyedot menggunakan sedotan, dan fase selanjutnya yakni fase memegang gelas serta meminumnya dari bibir gelas. Gak usah beli semuanya. Biasanya ini semua ada dalam satu gelas. Ada di merk Pigeon biasanya sepaset sama feeding set. 

7. Squezee Spoon. Nah, sendok ini unik deh. Cocok untuk ber MPASI anak saat berpergian. 

8. Sendok makan bayi

9. Baby cubes 

10. Dandang

11. Panci memasak

12. Gelas Ukur









Tidak ada komentar:

Posting Komentar