Selasa, 20 Januari 2015

Cilok

Untuk mengawali postingan saya di bulan Januari tahun 2015 ini, saya memilih cilok.
Ternyata Cilok ini perdana tayang disini loh, padahal saya udah sering bangeet bikin makanan ini buat cemilan di rumah.

Cilok alias aci dicolok. Dimakan bersama saus kacang. Biar lebih bergizi, saya isi dengan daging cincang.
"Setiap hari sedikitnya anak-anak membutuhkan 100gram asupan daging sapi agar terpenuhinya kebutuhan gizi dan nutrisinya terutama kebutuhan zat besi." Mengutip ucapan dari Ibu Emilia Achmadi MS, RD, ahli nutrisi dari Meat Livestock Australian.
(Majalah Sedap, edisi 1/xvi/2015).


Gambar nya cukup simple ya. Pake tangan nya Sarah yang lagi mau makan cilok ini. hehe
Lagi gak pengen stylish yang rada riweh euy. Menurut saya sih, terkadang kita juga butuh penyegaran, dan keluar dari pakem Food fotografi. Sebenernya sih emang gak ada pakem khusus yang kudu saklek diikutin. Cuman, ya butuh penyegaran mata saya aja kali yah. Rada bosen juga euy liat para food blogger belum lagi kompakers poto makanan pake alas lipet yang lagi booming ituuuh. 

Walaupun saya ikutan beli sih. haha. Biar gak kebawa mimpi dan penasaran aja sih.. Setelah dipake, emang bagus tapi saya masih suka alas papan biasa aja. Lebih natural kesannya. Apalagi hand in frame ini. Ehhhmmmhh... tangan imut Sarah itu rasanya super duper cute kalo masuk frame. 

Beneran loh, Sarah adlah asisten dan partner yang asik beraaat buat diajakin poto- poto. Soalnya yang bantuin saya beberes ya Sarah ituuu. Semnagat deh pokoknya. Makasiih ya nak!

Cuss, ke resep ya 

Bahan :
100 gr tepung kanji/ tapioka / sagu
140 gr tepung terigu
4 siung bawang putih di ulek halus
1 batang daun bawang, iris halus
daun seledri cincang halus
80-100 ml air ( saya pake kira- kira 80ml saja) didihkan di panci
1 sdt garam 
1/2 sdt merica
daging cincang

Cara Membuat :
1. Campur bahan tepung kanji dan terigu didalam wadah, masukkan bumbu seperti bawang putih halus, garam, merica, daun bawang dan seledri. Aduk rata
2. Tuang air mendidih ke dalam wadah tepung dll. Tuang perlahan sambil di aduk menggunakan sendok kayu. Aduk hingga kalis, dan dapat dibentuk
3. Bentuk bulatan dan isi dengan daging cincang.
4. Siapkan air di panci masak hingga mendidih, lalu masukkan bulatan cilok. Tunggu sampai mengapung. Ambil dan tiriskan
5. Kukus selama 5- 8 menit. Angkat dan sajikan dengan bumbu kacang

bumbu kacang bisa menggunakan sambel pecel, bumbu gado- gado atau buat sendiri. 

Semoga bermanfaat. 

***

Balikpapan, 20 januari 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar