Jumat, 29 Agustus 2014

Gado - Gado dan Manis Manja Grup


Seperti janji saya yang kemarin, saya sudah berniat untuk menghidupkan kembali semangat nge-blog saya. Hihi. Mumpung masih anget. gorengan kaliii*

Terus apa donk hubungannya gado- gado dan manis manja grup? Mau tau aja apa mau tau bangeeeet??!
Nanti, bakalan ngerti sendiri koq ya di kesimpulan akhirnya. Jadi pemirsah harap tenang dan duduk manis membaca ocehan saya yang seperti biasa gak penting banget. hahaha. Akhirnya nyadar diri juga*





Gado- gado ini saya bikin udah kira- kira udah berapa minggu yang lalu. Late post judul kerennya mah. Iya emang ini udah keburu basi, jadi mending saya posting dimarih dulu. Karena setelah poto-pot narsis ( biasaaa deh) untuk dp bbm saya. Banyak banget teman-teman yang nanyain bumbu dari gado-gado a la saya ituuuh.

Padahal kan ini cuma gado- gado. Mirip salad a la Indonesia. Saya lebih suka selera nusantara sih ya, jadi prefer gado- gado atau lotek lah. Pada gado- gado, berisikan macem- macem sayuran, tempe, tahu dan beberapa bahan lain diaduk, trus digebyur eh maksud saya disiram sama bumbu kacang. Udah gitu aja langsung dimakan pake emping atau kerupuk. Atau bisa juga pake ketupat, lontong ataupun nasi. Yang terakhir saya bangeeet, apa jadinya dunia bila tak ada nasi. Lebay*

Nah, saya suka gado- gado dengan bumbu kacang yang super duper halus dan lembuuuut trus perpaduan antara gurih, asin, pedes dan manis teriptalah menjadi satu paduan kombinasi yang endessss.
Maklum ya saya ini asli lidah jogja, jadi hobinya makanan yang manis dan pedes. dnegan catatan level kepedesannya tingkat 1 ajah. hihi.

Dulu waktu SMP saya hobi banget makan gado- gado di deket tempat kursusan Bahasa Inggris di daerah hmmm... aduh mendadak lupa nama jalannya. Pokoknya daerah sekitaran Bumijo gitu deh, deketnya tugu. Yang punya orang surabaya. Nasi bakmoi nya juga enak, apalagi es kacang merahnya. Walaupun es nya saya skip dan saya kasih ke Ayu. Temen setia saya, tebengan saya kalau mau les ya mampir ke rumah Bapak eyangnya Ayu di Bumijo. Soalnya saya kalo mau pulang nanggung euy. Rumah saya itu jauuuuh nya bukan main. Kalo udah sampe rumah, udah males mau kemana- mana aja.

Jadi itu gado- gado setelah saya cocokkan dan inget- inget lagi sekarang. Halah sok ingatannya paling cihuy padahal mah pikun tralala- trilili. Bumbunya dicampur menggunakan santan. Nah, bingung kan? jangan donk. Beneran, jadi untuk mendapat bumbu yang super smooth, manis, dan endess itu. Santan lah bintang utamanya, selain kacang pastinya ya.





Okey, langsung ke resep aja kalo begituu.

Bahan :

Bumbu :
100 gr kacang tanah, goreng, tiriskan dan haluskan ( untuk hasil yang lebih baik, kacang kupasan bersih)
5 sdm air asam jawa
8 cabe rawit
3 cabe merah keriting
1 glondongan gula merah ( saya pakai yang berwarna agak kuning kecoklatan dan agak lunak )
1 sdt garam
100- 200 ml santan  ( tergantung selera, mau lebih kental atau encer )

Bahan  pelengkap :
tahu goreng, iris dadu
tempe goreng, iris dadu
kentang di kukus, iris
selada , cuci bersih, sobek- sobek
paprika merah, iris memanjang
paprika kuning, iris memanjang
jagung manis yang sudah dipipil, rebus/ kukus
kubis, kukus dan iris tipis
Telur rebus, potong- potong ( saya gak pake )

Cara Membuat :
1. Siapkan cobek dan ulekan. atau bila menggunakan belender boleh banget. Tapi percayalah hasilnya lebih enak pake cobek. hihi.
2. Ulek halus si kacang dahulu. Sampai lembut. Gapapa melatih otot pergelangan tangan dikit.
3. Lalu masukkan cabe rawit, cabe merah dan garam. Lanjutkan ulek.
4. Masukkan air asam jawa, dan terakhir ulek halus gula merah.
5. Siapkan panci. Masukkan bumbu halus tadi bersama santan. Rebus sebentar. Matikan api. Angkat
6. Sajikan bersama bahan pelengkap.

Siiip ya, Gado- gado beresss. Nah, Selesai menyajikan gado- gado mari kita beranjak ngobrolin tentang Manis manja grup yang saya sebutkan di judul.


Bermula dari sebuah grup di wa. Kami akhirnya dipertemukan kembali.

SMU 6 Yogyakarta. Alias Namche, alias GNB alias Geneb alias Depaster alias Depan Pasar Terban.uhuy* Alamaaak banyak banget julukannya. Yep, kami berenam dulu sempat bersekolah di tempat yang sama. Selama tiga tahun kami memiliki cerita dan kenangan di tempat yang sama.

Manis Manja Grup.
Haduuw sumpeh deh ni nama sebenernya gak banget, berasa kayak nama grup dangdut. Haha.
Abis gimana ya, kami tu manis-manis, trus anak mamih yang manja-manja. Manja tapi kece!maksa banget*
Tau kan jaman dulu itu demam film AADC. Jadi kamipun punya gank yang terinspirasi dari film tersebut. Haiyaaah.. Sebenernya gak juga sih, karena emang kami saling cocok satu sama lain.

Anik, Fiki, Santi, Rani, Brita dan Saya (Ridha).
Alhamdulillah kami berenam sudah melepas masa lajang. Emang sih, masih manis2 tak bisa dipungkiri lagi. Tsaaaah*benerin jilbab#

Saya di Balikpapan, Anik, Santi dan Brita ada di Jogja, Rani di Jakarta sedangkan Fiki berada jauh di negeri kangguru Australia.

Kalo ketemu, asli deh kita itu ribuuuut banget. Sampe kudu pencett bel dulu kalo mau ngomong. Bayangkan 6 orang perempuan dengan model yang sama. Cerewet dan super duper berisik. Kalo udah ngumpul dalam satu mobil, berasa kaca mobilnya kayak mau retak-retak. Karena gak sanggup dengerin suara cempreng kami. Saya sendiri sih udah agak kaleman sekarang. Ciyeeeh! Bakalan ditimpukin sandal kayaknya# hihi.

Hanya lewat WhatsApp, kami bisa saling melepas kerinduan, ngobrol ngalor ngidul, ngebully satu sama lain, saling nyinyir, nyindir, ah itu mah biasa keleeeuus. Tapi yang pasti kami saling support satu sama lainnya. Saling menghargai perbedaan pendapat, saling beradu opini, saling sharing dan saling menghormati keputusan masing-masing.

Pun juga dalam hal memasak. Kami punya challenge namanya ya gak jauh-jauh dari manis manja laaah ya. Haduuuw yang baca mulai eneg kayaknya. Semanis apa sih ni orang-orang??wkwkwk

Baiklah disingkat. MMCC. Manis Manja Cooking Challenge.










 Bukan soal kompetisi, menang ataupun kalah. Tapi saling menginspirasi satu sama lain. (Quotes  Anik, 2014).

Visi dan misi awalnya sih, saya sebenernya yang berinisiatif untuk share foto masakan masing-masing. Lagian kita-kita ini kan masih dalam taraf belajar memasak semua. Seumuran getooo loooh. Baru move on jadi Ibu rumah tangga. Baru kenalan sama yang namanya lengkuas, kemiri dkk. Dari anak super gahoool, berubah drastis jadi emak-emak super keren  yang berkutat di dapur.

Kadang suka mentok ide mau masak apa hari ini. Eh adaaa aja yang share, langsung resep dicatet dan save. Oiya, per bulan kami ada tema. Dengan kriteria, Rasa enak, bikin nya gak pake ribet, plus penampilan menarik yang berhasil memikat hati juri. Siapa jurinya? Tunjuk hidung sendiri. Hehe. ^^

Hadiahnya, tentu ada dooonks. Gak usah dilihat harganya sih. Murah meriah, lucuuuuh, kiyuuut dan pastinya bermanfaat di dapur. Apaseeh#

Saya udah dapet dua buah hadiah piring loooh. Itu tuh yang mejeng di gado- gado diatas. Keren kan. hihi. Niat banget piringnya naik pesawat dari jogja sampe ke Balikpapan. Alhamdulillah yaaah. Sesuatu banget* tengkyuuw anik. Kecuup#

Baiklah, sekian liputan dan sekilas info tentang MMCC. Naaaah, cekidot yaw foto-foto hasil masakan kami. Enjoy!

Semua diambil hanya menggunakan kamera Hp.






Jadi, buat saya sendiri,  Gado- gado dan teman- teman saya ini sangat berkaitan erat. Gado- gado itu rasanya unik. Isinya macem- macem. Rasanya pun nano- nano lah ya. Sama hal nya dengan pertemanan saya. Membuat hari- hari saya berwarna. Karena berisikan perempuan-perempuan dengan karakter dan isi kepala yang berbeda- beda. Hebringnya  juga campur- campuuur. Tapi dengan satu tujuan yang baik. Tentunya saling support, sharing dan mendukung setiap langkah dan pilihan hati masing- masing. Semoga pertemanan ini akan terus berlanjut sampai tua nanti. Dan saling memberi berkah dan manfaat tentunya. Aamiin.

tutup muka pake serbeeet. ini jaman kami semua masih kinyis-kinyis bingitt. Tapi lihatlah anik udah punya dua jagoan. jadi siapa yang paling tuiiir ketauan deh ya. wkwkwk. Piss nik! 



***

Balikpapan, 29 Agustus 2014

2 komentar:

  1. wah namanya unik menggugah selera.. hihi salam knal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.malu euy.tutup muka pake serbeet* makasih ya mak udah mampir. Salam kenal jg dari saya di Balikpapan. Tinggal dimana mak? ^^

      Hapus