Senin, 08 September 2014

Chocochips Butter Cookie



Siapa yang udah move on dari yang namanya euforia lebaran? saya udah move on dari hari pertama lebaran. Udah masak sayur bening, bye- bye sama ketupat dan segala macam masakan bersantan. hmmm... Gak enak aja itu di perut. begah rasanya. 

Tapi ada yang bikin saya gagal move on. Yep, nyemilin kue kering yang gak habis- habis. Saya mah pesen aja sama temen disini yang sudah berkompeten dalam membuat kuker tiap lebaran. Tapi ada yang masih bikin saya penasaran. Karena saya gak jadi pesen cookies yang bertabur chocochips. Pengen bikin pas lebaran, masih belum ada tenaga dan semangat buat ngidupin oven. Jadilah hasrat saya pendam dulu.



Bermula dari heboh cookies bikinan mbak riana di TL Fb saya. Saya ikutan ngilerrr. Tapinya setelah saya cocokin sama stok di brankas, ternyata ada yang gak cucok. Jadilah saya memutuskan untuk bikin butter cookies ala neng Ayu ajah. 

Ini cookies recommended bangeeet deh menurut saya. Dari segi praktis nya dapet, dari tekstur dan rasanya hmmm... nendang lah pokoknya. Gak perlu ngeluarin alat- alat berat macam kontainer eh mixer. Jadi cuma butuh garpu/ wishker, sendok kayu, dan spatula. Bereeeessss! Sebenernya di resep asli Ayu sih pake mixer, tapi saya praktekin gak pake mixer jadi juga koq. Alesan ajah sebenernya males ribet* hihi.




Kalo judulnya beda. Maap yah neng. Karena ini mah karena saya yang ngesave nya belibet. Intinya mah butter dan chocochips diublek- ublek beresss. Oiya, saya bikinnya 1/2 resep aja ya. Karena lagi males bin rieweh ngebentuk si cookies. Setengah resep pun jadinya mayan koq. Dicemilin dua hari udah ludes. Harusnya sih habis dalam sehari, tapi saya umpetin sedikit dulu buat difoto. halaaah* Okay, cekidot resepnya yaaa.

Bahan :
160 gr butter 
50 gr margarin
300 gr tepung terigu ( saya pakai merk: kunci biru)
1/4 sdt vanilli ( saya gak pake)
1 butir telur
50 gr susu bubuk ( saya gak pake karena emang gak punya)
100 gr gula halus ( saya pake palm sugar semua)
150-170 gr chocochips ( saya gak nimbang asal kira-kira ajah)

Cara Membuat :
1. Kocok gula, butter dan margarin serta vanilli hingga tercampur rata. Gunakan garpu saja udah okey koq.
2. Tambahkan telur, kocok lagi sampai rata.
3. asukkan tepung terigu yang sudah diayak dan dicampur bersama susu bubuk.
4. Tambahkan chocochips, kocok dengan wishker atau spatula sampai tercampur rata. sebentar saja.
5. Aduk dnegan sendok kayu. Ambil adonan 1 sdm. Lalu taruh diatas loyang yang sudah dialasi baking sheet.
6. Taruh sebar diatas nya beberapa chocochips. Ngasal ajah yang penting nempel. Makin berantakan makin okeyy koq. Beri jarak yah
7. Panggang di suhu 100-120 der C ( saya pake suhu 120 der C) selama kurleb 40 menit. Sampai warnanya atas dan bawahnya kecoklatan.
8. Dinginkan di rak kawat. Dan masukkan ke dalam toples kedap udara. 







Hasilnya seperti dilihat diatas. Chocochips menyebar dimana-mana. Dari bagian atas sampai kedalam-dalam. Teksturnya saya suka. Karena gak terlalu beremah, tapi bisa 'krek' kalo dibelah. Pokoknya mah dicobain aja sendiri deh, baru nanti tau. Just try and taste yaaa. Emang sih, dari segi penampakan kayaknya beda banget sama punya Ayu. hihi. Gak tau deh, salah saya mungkin. Karena perbandingannya jadi banyakan margarin daripada butter. Butternya kayakya separo aja deh pas bikin ini, keabisan euy. lupa-lupa inget. haha. ngikik* next time emang kudu well prepared yaaah kalo mau baking ituuu. Apalagi kudu cek stok dulu sebelum mau eksekusi. Baiklah dicatettt dulu resepnya,lain kali kita coba lagii. 
Next target bikin cookie nya bu guru cantiiik nan baik hati ah. Mbak Riana tunggu yah resepnya udah masuk dalam wishlist sayah. 
Selamat Mencoba. ^^

***

Balikpapan, 7 September 2014


2 komentar:

  1. heummm,,,nyammmiii....enak nih,saya sukaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mbak.saya juga sukaa. Padahal gak gitu doyan coklat. Dicobain bikin aja mbak.

      Makasih udh mampir ya. Salam kenal dari saya. Ridha di Balikpapan. Salim*

      Hapus